Ketidakpastian dan Peluang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Catur

By: Yoseph Kaburuan, MBA




Hidup penuh dengan ketidakpastian, kita tidak tahu kapan kita berada di atas dan kapan ada di bawah. Banyak orang susah yang dulunya hidup dena makan serba pas-pasan, namun saat ini bias makan enak, jalan-jalan ke luar negeri, menikmati hidup nyaman di rumah mewah, munya banyak mobil, gonta ganti mobil, mau apa tinggal order. Tapi sebaliknya ada yang sudah memiliki harta melimpah, biasa hidup enak, namun jatuh miskin dalam sekejap.

Jika ketidak pastian ini ada, apakah ada peluang untuk bisa tetap pada posisi nyaman yang bergelimang harta? Jawaban nya “ya” dan “tidak” tergantung dari pandangan kita pribadi. Sudah banyak artikel motivasi tentang “hidup ini pilihan” dimana kita memilih untuk mau berada si posisi nyaman atau runyam.

Istilah yang sampai saat ini menjadi pegangan saya adalah “Bayar Sekarang atau Bayar Belakangan”, kita tidak berbicara tentang belanja di hypermart, carefour, SmartCo, Indomaret, atau sejenis mart lainnya. Namun kita bicara tentang “keputusan” dalam bayar harga di kehidupan kita.

Bangun paggi-pagi itu susah, tapi apakah kita mau bangun pagi lalu pergi ke kamar mandi dan siap-siap berangkat kerja? Atau tetap nyaman di tempat tidur, menunda waktu kita hingga jam 9 baru siap-siap berangkat kerja. Ditengah jalan kena macet, dan akhirnya kita sampai tempat kerja jam 11 siang lalu kerja 1 jam dan jam 12 pergi makan siang. Ngobrol sama teman di tempat makan hingga jam 02.00 lalu balik kantor dan pulang kerja jam 17.00. Sehingga total waktu kerja kita hanya 4 jam per hari…




Sebaliknya jika kita mau bayar harga dengan bangun pagi, kerja sebaik mungkin, manfaatkan peluang yang ada dan jangan menyia-nyiakan waktu dengan berlama-lama di social media, ngobrol di telp berjam-jam, selalu mau mencoba sesuatu yang baru, saya yakin dan percaya itu Harga yang mahal yang sudah kita bayar sekarang ini.

“Bayar Sekarang atau Bayar Belakangan” penting untuk kita pelajari karena jika ingin hidup nyaman, maka perlu ada harga yang harus di bayar. Apakah di bayar sekarang atau di bayar belakangan itu tergantung kita.

Kebanyakan orang yang saya lihat berhasil dalam hidupnya, itu karena mereka berani bayar harga nya ketika masih muda, dan memaksa diri mereka untuk bangun jam 03.00 pagi dengan belajar, tidur larut malam hanya untuk mempersiapkan diri agar lulus ujian, simpan sebagian uang yang diterimanya untuk kebutuhan masa depan, menahan diri untuk tidak membeli barang-barang konsumtif, menunda diri untuk selalu makan enak…

Ketika kita mulai memaksa diri untuk membayar harganya sekarang, maka peluang yang ada akan selalu muncul dengan sendirinya, karena hal baik datangnya dari setiap pekerjaan baik yang kita lakukan.

Bayar Harganya Sekarang atau Tidak sama sekali…..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.