Pria Ini Temukan Cek Senilai 2,8 Milyar di Jalan, Setelah Di Lihat Ternyata….

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto: JPNN.com
foto: JPNN.com

Batam, Jelasberita.com| Alangkah Terkejutnya Purwanto ketika dirinya menemukan selembar cek senilai Rp. 2,8 milyar yang bertuliskan dari Bank Danamon disebuah jalan Raja Ali Haji, tepatnya di depan Kantor Kejaksaan Negeri Batam.

 




Namun, ia tidak langsung mempercayai cek dengan nominal yang cukup besar tersebut. Warga Perumahan Mitra Raya ini hampir saja menjadi korban penipuan modus baru dengan menjatuhkan cek palsu senilai Rp. 2,8 milyar yang nantinya akan dipungut orang yang melihat.

 

Purwanto mengatakan bahwa setelah dirinya melihat amplop berisi cek tersebut, terdapat nama perusahaan, nomor telepon, dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) beserta surat tanah. Seperti diberitakan oleh JPNN.com pada Rabu (6/1).

 




Karena dirinya berpikir bahwa amplop tersebut penting, Purwanto langsung berniat untuk mengembalikan cek tersebut kepada pemiliknya, dengan cara menghubungi nomor atas nama H. Mukhtar Lutfi yang terdapat didalam amplop tersebut. “disitu sih, terdapat tanda tangan pemilik serta ada tulisan resminya.” Ungkap Purwanto.

 

Purwanto pun menguhubungi nomor tersebut dengan cara memberikan pesan singkat SMS, tak lama berselang, Purwanto di hubungi kembali oleh seorang pria yang mengaku bernama Mukhtar dan mengakui kepemilikan atas cek itu.

 

Setelah berbincang-bincang, keanehan mulai terasa lantaran pria yang mengaku bernama Mukhtar tersebut meminta mentransfer uang kepadanya minimal Rp.2 Juta.

 

“awalnya saya diminta tolong untuk mengembalikan cek tersebut dan akan diberikan imbalan sebesar Rp.50 juta. Tapi kok, lama-lama dia malah suruh saya transfer uang untuk pencairan dana nya.”

 

Purwanto langsung merasa bahwa ini sudah akal-akalan dari modus kejahatan, karena dalam pembicaran telepon tersebut, pria tersebut mengaku bahwa dirinya tengah berada di Singapura, dan akan memberikan imbalan pada Purwanto pada lusanya. Namun, entah mengapa dia justru menginstruksikan Purwanto untuk segera ke ATM dan mentransfer uang kepadanya.

 

“disitu kan udah mulai aneh, udah gak meyakinkan lagi.” Terang Purwanto.

 

Purwanto pun akhirnya melaporkan kejadian penemuan cek tersebut, kepada pihak kepolisian. Mendengar hal itu, Kapolsek Batamkota, Kompol Arif Budi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak lantas percaya dengan kasus-kasus penipuan semacam ini, arif mengatakan ini tergolong penipuan jenis baru.

 

“saya berharap kepada masyarakat, jangan langsung percaya dengan janji dan iming-iming imbalan bernilai puluhan atau ratusan juta.” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.