Jangan Asal Buka Internet! Para Pelaku Cyber Crime Berkeliaran Di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





ilustrasi: para pelaku cyber crime
ilustrasi: para pelaku cyber crime

Jakarta, Jelasberita.com| Kejahatan di dunia maya atau cyber crime semakin menjadi jadi dan semakin marak khususnya di Indonesia. Untuk itu, diharapkan semua pihak mampu mewaspadai hal ini dan mampu mengantisipasinya baik dari pihak kepolisian maupun masyarakat pengguna jaringan internet.

 




Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti. Menurut Krishna, para pengguna internet di Indonesia harus peka serta sadar akan bahayanya cybercrime ini.

 

Krishna menambahkan bila saat menggunakan internet anda merasa janggal atau aneh dengan beberapa tautan, jangan langsung di klik, bisa saja itu para pelaku kriminal yang hendak membobol sistem anda.

 




“kalau melihat yang aneh-aneh jangan langsung di klik, para pengguna internet harus cerdas, teliti, dan kritis.”

 

Ungkapnya saat ditemui di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Pada Rabu (6/1).

 

Seperti diberitakan kriminalitas.com, Krishna berpendapat bahwa dalam beberapa waktu kedepan, Indonesia akan menjadi salah satu negara yang menjadi sarang dari para pelaku kejahatan dunia maya. “saya pikir untuk beberapa waktu kedepan, para penjahat cyber di Indonesia akan lebih bahaya.” Tegasnya.

 

Kemudian, Krishna juga menambahkan bahwa bagi anda para pengguna gadget, hendaknya melengkapi gadget anda dengan security software saat melakukan akses terhadap internet. Dengan security software yang selalu di update secara otomatis, resiko anda untuk terkena kejahatan dunia maya, akan semakin tipis.

 

Sebelumnya, Krishna bersama dengan pihak kepolisian lainnya, telah beberapa kali berhasil meringkus, sejumlah warga Negara Asing (WNA) yang diduga menjadi otak kejahatan dunia maya. Seperti dari China, Taiwan, Ukraina, dan Rusia.

 

Pelaku cybercrime asal Ukraina bernama Olexandr Sulima (28) beserta Dmitry Grydskiy (30) asal Rusia, sudah cukup dikenal sebagai penjahat dunia maya. Keduanya dikenal sangat mahir melakukan pengiriman sejumlah malware kepada korbannya, dan dengan segera uang dari korbannya tersebut ‘berpindah tangan’ ke rekening bank lokal yang dituju pelaku, yang kemudian dipindahkan lagi ke rekening para penampung di Ukraina dan Rusia.

One Response to "Jangan Asal Buka Internet! Para Pelaku Cyber Crime Berkeliaran Di Indonesia"

  1. solikhin   6 Maret 2016 at 19:21

    selamat malam pak polisi yg terhomat saya ingin membukti kan kasus penipuan semlm saya habis terkena hipnotis lewat telepon dgn iming ” undian 100 juta saya sudah rugi rp. 8050.000 delapan juta lima puluh rbu rupiah saya punya bukti kuat utk pelaku ini semua 4 orang dan no. fon pelaku 085759812077 dan 085747075567 setelah saya selidiki alamat bank bri pelaku tersebut rita safitri : JALAN ASRI NO 42 RT6/5 TANGGERANG dan lisa fatimah: KMPUNG BULAK MANGGAH RT 9/4 DESA SUKAASIH KEC SUKATANI BEKASI 2 pelaku menggunakan bank bri utk transaksi nama lisa fatimah no. rek: 084501031989538 dan rita safitri no.rek : 079801010973537 dengan infonya ini tolong di tindaklanjuti ! saya solikhin alamat desa babakan kec kramat kab tegal rt 04/3 kode pos 52181 jawa tengah

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.