Capai Prestasi Terendah Dibanding Pendahulunya, Benitez Dipecat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




rafael betitez




foto : PA

Rafael Benitez akhirnya tak lagi bersama Real Madrid. Ia telah resmi di pecat dari tim Los Blancos. Jika dilihat dari jajaran lima pelatih sebelumnya, prestasi persentase kemenangan di La Liga Benitez memang yang paling buruk.

Benitez dipecat oleh Madrid setelah 188 hari ia bergabung dan menjabat sebagai pelatih tim asal ibukota itu. Benitez lalu segera digantikan oleh mantan pemain timnas Jerman, Zinedine Zidane.

Prestasi yang ditorehkan oleh Betitez selama sekitar enam bulan mengasuh Madrid, yaitu 17 kemenangan, lima hasil imbang, dan tiga kekalahan dari jumlah pertandingan sebanyak 25 pertandingan di semua kompetisi. Jika dipresentasikan maka secara keseluruhan persentase kemenangan Benitez hanya sebesar 68 persen.

Tetapi jika dilihat di La Liga, walau presentasi miliknya adalah 68 persen maka tetap saja persentase kemenangan Benitez dianggap rendah jika dibandingkan dengan lima pelatih sebelumnya. Jika dihitung dari 18 pertandingan, maka Benitez hanya mencatat persentase kemenangan sebesar 61,1 persen dengan 11 kemenangan, 4 seri, dan 3 kekalahan.




Sementara itu, mantan pelatih Madrid, Carlo Ancelotti yang sempat melatih Madrid selama dua musim (2013-2015) memiliki persentase kemenangan sebesar 75 persen di La Liga dengan hasil 57 kemenangan, 8 seri, dan 11 kekalahan dalam 76 pertandingan di La Liga.

Jose Mourinho juga pernah melatih Madrid selama tiga musim (2010-2013) memiliki presentase lebih baik dibandingkan dengan Ancelotti. Dari 114 pertandingan yang ia jalani, Mourinho mencatat 87 kemenangan, 16 seri, dan 11 kekalahan, jika dipresentasekan maka ia mendapat presentase kemenangan sebesar 76,3 persen.

Sebelum Mourinho datang ke Madrid, ada Manuel Pellegrini yang mengasuh Los Blancos selama satu musim (2009-2010). Manuel sukses mencatatkan prestasi dengan 38 pertandingan dan mendapatkan hasil 31 kemenangan, 3 seri, dan 4 kekalahan jika dipresentasekan maka pelatih yang kini mengasuh Manchester City itu mendapat 81,6 persen.

Sementara itu, ada Juande Ramos yang juga pernah mengasuh Madrid dan memiliki persentase kemenangan sebesar 70,8 persen. Ramos tak melatih Los Blancos selama satu musim tetapi ia mencatat 17 kali kemenangan, 1 seri, dan 6 kekalahan dari 24 pertandingan di La Liga yang ia jalani.

juga ada Bernd Schuster megnasuh Los Blancos selama selama 1,5 musim (2007-2008). Pelatih asal Jerman itu membawa Madrid 35 kemenangan, 6 seri, dan 11 kekalahan dalam 52 pertandingan di La Liga, atau dengan persentase kemenangan sebesar 67,3 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.