Segudang Prestasi Ditorehkan Oleh Prajurit TNI Untuk Negeri

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




pratu suparlan




Prajurit TNI AD

Tak terdengar gaungnya di negeri sendiri namun disegani oleh negara lain itulah prajurit TNI. Disinyalir jika telah menjalani berbagai pelatihan keras yang disebut media luar negeri sebagai pelatihan mengerikan memang tak sia-sia karena TNI Indonesia menorehkan sejumlah prestasi gemilang di sepanjang 2015. Apa saja?

1. Juara dunia menembak

Indonesia dipastikan menjadi negara yang meraih kemenangan mutlak dalam Lomba Tembak Tahunan yang diselenggarakan oleh Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM) pada tanggal 2-23 Mei 2015 di Puckapunyal, Victoria. 14 negara dan terdiri dari 17 tim yang bertarung, Indonesia telah mendapat 32 emas, 15 perak dan 20 perunggu hal ini menjadikan Indonesia menduduki peringkat pertama. Australia yang menjadi tuan rumah berada di urutan kedua dengan perolehan 6 medali emas, 15 perak dan 20 perunggu. Lalu di posisi ketiga ada Brunei Darussalam dengan 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Sementara US Army tak meraih medali satupun.

2. Tenggelamkan kapal asing

Kementerian Perairan yang dipimpin oleh Ibu Susi Pujiastuti dengan dibantu oleh prajurit TNI berhasil menangkap 177 kapal asing yang berlayar di perarian Indonesia secara ilegal. Hingga saat ini sudah 101 kapal telah ditenggelamkan, 70 lainnya masih menjalani proses sidang.

Namun pada Kamis (31/12) lalu menyusul 10 kapal lainnya ditenggelamkan. Penenggelaman kapal ini dipimpin langsung oleh Kepala pelaksanaan Harian Satgas 115 Laksamana Madya TNI Widodo.




3.Force down pesawat asing

TNI berhasil memaksa turun (force down) sebuah pesawat asing yang melintasi udara Indonesia. Pesawat Cirrus Fixed Wing Single Engine milik Amerika Serikat (AS) melanggar wilayah udara di Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (9/11).

Pesawat jenis penumpang itu terdeteksi radar Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohudnas) sebagai penerbangan gelap.

4. Penanggulangan kebakaran hutan

Sejak ditugaskan pada tanggal 12 September hingga 8 Oktober 2015, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan telah berhasil memadamkan 1.841 titik api dan 1.322 titik asap yang terjadi di empat Provinsi.

TNI berhasil padamkan 3.163 titik api dan asap dari 3.289 titik api akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di empat provinsi seperti Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Memang belum bisa padam sempurna, tapi TNI terus berusaha melakukan yang terbaik.

Sementara dalam upaya pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di empat Provinsi tersebut TNI mengerahkan sejumlah alutsistanya di antaranya 3 unit Pesawat Hercules C-130, 4 unit Pesawat Cassa, 3 unit Helikopter, 16 unit Eskavator, 15 unit Mobil Tanki Air dan 227 unit Mesin Pompa Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published.