Ini Dia, 5 Tips Keuangan Bagi Anak Muda Yang Baru Pertama Kali Bekerja

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





ilustrasi (enterpreneur.com)
ilustrasi (enterpreneur.com)

Jelasberita.com| bagi anda yang saat ini berusia 20 tahunan, dan sedang mencoba untuk memulai bekerja, atau ingin mencari duit sendiri tentunya akan mengalami masa-masa dimana uang yang anda dapatkan hanya dihabiskan untuk berfoya-foya atau dihamburkan untuk bersenang senang. Namun selayaknya anda sudah memiliki perencananan dalam mengatur keuangan sedini mungkin agar hal ini menjadi kebiasaan anda di hari tua kelak dan menjadi kunci sukses untuk anda kedepannya.

 




Untuk itu, tim Jelasberita telah merangkum 5 tips yang bisa anda gunakan sebagai patokan dalam mengatur keuangan anda sejak di awal pertama kali bekerja.

 

1. Kendalikan diri dengan gaji anda.

Jika anda memiliki kebiasaan berfoya-foya setelah mendapatkan gaji karena berpikir bahwa anda telah mendapatkan uang berlebih di usia muda, mulai sekarang ubah lah kebiasaan tersebut. Anda harus bisa mengendalikan diri anda agar tidak mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Dan, ada baiknya bila anda sisihkan sebagian dari gaji anda tersebut untuk dijadikan tabungan. Hal-hal seperti membeli sesuatu yang anda inginkan sejak dulu, bisa anda tunda apabila keuangan anda sudah lebih dari cukup.




 

2. Kenali kebutuhan anda, jauhi keinginan

kedua, anda harus bisa membedakan mana yang jadi kebutuhan anda, dan mana yang hanya menjadi sebuah keinginan anda semata. Kenali diri anda terlebih dahulu, jangan sampai pergaulan ataupun lingkungan merubah gaya hidup anda. Pastikan anda mengedepankan apa yang anda butuhkan, bukan yang anda inginkan. Seperti misalnya kebutuhan sehari hari, biaya makan, biaya transportasi, uang sewa, dan lain lain

 

3. Buatlah pengaturan uang secara berkala

Kemudian, cobalah membuat pembagian untuk tiap-tiap kebutuhan anda, misalnya dengan membagi kebutuhan harian anda, kebutuhan bulanan, atau dana tak terduga yang suatu waktu bisa anda gunakan bila terjadi hal yang tidak diinginkan. hal ini berguna agar manajemen anda dalam mengatur keuangan tidak berantakan.

 

4. Anda bisa mencoba dengan menginvestasikan uang anda

Untuk kepentingan yang bersifat sedikit mewah, seperti misalnya keinginan untuk mengganti smartphone anda menjadi lebih mahal, ataupun mengganti sepeda motor anda menjadi lebih keren, ada baiknya anda kesampingkan dulu hal itu. Karena lebih baik anda melakukan investasi di bidang yang menguntungkan, dimana semakin lama anda investasikan barang tersebut, akan semakin mahal.

 

5. Jangan sampai lebih besar pasak dari tiang

Terakhir, dan yang paling utama adalah. Jaga pola hidup anda agar tidak terjadi keadaan dimana pengeluaran lebih besar ketimbang pemasukan. Seperti poin sebelumnya di awal, cobalah untuk mengenali diri anda, dan ubah pola hidup anda ke arah yang lebih baik

 

Demikianlah 5 tips untuk menjadikan anda orang yang sukses sejak diawal karir anda.

 

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.