Mau acara BBQ Seafood enggak Fail? Terapkan 4 Tips Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




barbecue

Bosan dengan BBQ dengan ayam atau sapi? Memilih seafood untuk di panggang juga pilihan baik. Ikan, udang, dan cumi segar dibakar dengan diolesi saus BBQ yang nikmat.




Agar hasil BBQ seafood enak dan menggugah selera, ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan. Dari memilih jenis seafood, saat membersihkan, hingga saus cocolannya. Chef Stefu Santoso berbagi beberapa tips seputar BBQ seafood yang bisa anda coba.

1. Jenis seafood

Udang, ikan, dan cumi cocok untuk dijadikan BBQ. Untuk ikan, jika kualitasnya sudah bagus cukup dibumbui dengan garam dan lada sudah terasa enak. Untuk jenis ikan berdaging tebal seperti gurame, bawal, baronang, atau kakap untuk BBQ. Maka pilihlah ikan yang benar-benar segar agar mendapat daging yang masih terasa manis.

Sementara udang, sebaiknya pilih udang dengan ukuran besar seperti udang windu atau jerbung. Udang jerbung adalah udang laut yang warna kulitnya putih dengan kaki berwarna merah. Tekstur dagingnya sedikit lunak tetapi rasanya manis dan gurih. Berbeda dengan udang windu yang warna kulitnya hijau abu-abu.

Sedangkan cumi, pilihlah cumi segar yang ditandai dengan kulit ari yang berwarna bening putih dan tidak keunguan. Jika diangkat ke atas, cairan tintanya masih mengalir dengan aroma laut segar dan bukannya bau amis menyengat dan badannya masih kenyal.




2. Membersihkan seafood

Seafood yang segar tidak berbau amis menyengat maka ketika membelinya cium terlebih dahulu aromanya. Seafood segar hanya mampu disimpan selama 3 hari di dalam kulkas. Karena seafood akan tetap dalam kondisi baik jika disimpan dalam sukuh di bawah 5 derajat Celcius maka seafood sebaiknya simpan dalam plastik lalu ditimpa dengan es batu di bawah dan bagian atasnya.

3. Saus BBQ Seafood

banyak orang menyukai sambal kecap dicampur jeruk nipis atau sambal matah Bali untuk menjadi saus cocolan BBQ Seafood. Namun jika mau sedikit nuansa western maka anda bisa membuat saus dari air lemon dicampur dengan bawang putih. Untuk seafood memang lebih cocok dengan saus yang ada rasa asam sehingga memberikan sensasi juicy.

Jika ingin mendapat sentuhan tradisional, sambal andaliman dan sambal mangga juga bisa dijadikan cocolan BBQ seafood.

4. Tips agar cumi tidak alot

Cumi adalah seafood yang paling cepat menjadi alot ketika dibakar. “Agar terasa lebih empuk, Anda bisa lebih dulu memarinasinya dengan putih telur dicampur dengan bumbu lalu dikocok sampai berbusa dan diamkan sekitar 1 jam sebelum dibakar. Ketika dibakar cumi juga harus mendapat perhatian ekstra, jika warnanya sudah berbah menjadi putih pekat maka harus segera diangkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.