Ini Sajian Lezat Sambut Tahun Baru di Beberapa Negara

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Tahun baru 2016 sudah tinggal hitungan jam lagi. Saatnya menyiapkan hidangan khas tahun baru. Jika keluargamu tidak punya makanan khusus ketika tahun baru, kamu bisa mencoba hidangan-hidangan spesial tahun baru dari berbagai negara berikut ini.

1. Spanyol – Buah anggur

spanyol-makan-anggur




Biasanya warga Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya merayakan tahun baru dengan berkumpul di lapangan utama sambil melahap buah anggur. Sudah menjadi tradisi mereka untuk memakan 12 buah anggur ketika waktu pergantian tahun. Hal ini bertujuan sebagai simbol pengharapan bahwa 12 bulan ke depan mereka mendapatkan hal manis dalam hidupnya.

2. Filipina – 12 Buah berbentuk bulat

filipina-makan-bentuk-bulat

Orang Filipina menganggap benda-benda yang berbentuk bulat dapat membawa keberuntungan, sebab bentuknya mirip dengan uang koin. Tak hanya benda saja namun pakaian yang dikenakan juga bermotif polkadot dan memajang benda-benda berbentuk bulat di dalam rumah. Bahkan mereka akan menyajikan kue-kue berbentuk bulat pula. Mereka juga harus makan 12 jenis buah yang berbentuk bulat.

3. Jepang – Toshikoshi soba

Toshikoshi+Soba




Soba adalah salah satu jenis mi yang jadi favorit warga Jepang. Mereka menikmatinya sepanjang tahun. Namun ketika merayakan tahun baru warga Jepang akan menyantap toshikoshi soba.

Soba dilambangkan sebagai bentuk umur panjang karena ukurannya yang panjang dan tak terputus, sama dengan filosofi mi panjang umur yang ada di China. Toshikoshi soba disajikan dalam keadaan panas dengan kaldu manis dan gurih, diberi topping nori (rumput laut), kamaboko, atau telur.

4. Polandia – Ikan herring

Ikan herring

Di Polandia Olahan ikan herring juga wajib dihidangkan saat perayaan tahun baru. Ikan ini sisik berwarna keperakan yang mengingatkan pada uang logam perak, karena itulah dilambangkan sebagai kekayaan dan kemakmuran di tahun baru.

5. Skotlandia – Wiski, roti hitam, dan shortbread

shortbread

Orang Skotlandia punya tradisi yang disebut Hongmanay saat tahun baru. Maksudnya ketika malam pergantian tahun, mereka akan saling mengunjungi dengan para tetangga untuk pertama kalinya di tahun yang baru.

Kunjungan ke rumah tetangga dengan membawa oleh-oleh berupa wiski, arang untuk perapian, roti hitam (sejenis kue buah berwarna hitam), dan shortbread. Berbagai makanan ini merupakan simbol keberuntungan yang bermacam-macam bagi si pemilik rumah yang dikunjungi.

6. Belanda – Oliebollen

Oliebollen

Berbeda dengan Belanda, mereka biasa menyambut datangnya tahun baru dengan hal-hal manis dan kue yang sering mereka makan adalah oliebollen.

Kue yang memasaknya dengan digoreng ini masih satu keluarga dengan kue donat merupakan makanan tradisional dari Belanda. Oliebollen biasa disajikan pada malam tahun baru. oliebollen biasanya dicampur dengan apel yang dipotong dadu, kismis, atau manisan kulit jeruk ketika masih dalam bentuk adonan.

7. Jerman – Glucksschwein

gluecksschwein

Di Jerman babi merupakan simbol keberuntungan dan kemakmuran. Sementara itu, tahun baru identik dengan hidangan yang manis dari sanalah tradisi glucksschwein lahir. Kue ini memang sarat rasa manis.

8. Amerika Serikat – Sayuran hijau

Sayur-sayuran-hijau

Berbeda lagi dengan di Amerika Serikat. Di negara ini punya tradisi menyajikan makanan dengan makanan berbahan dasar sayuran hijau alasannya karena sayuran yang berwarna hijau menyerupai dengan lembaran uang di negeri paman Sam tersebut.

9. Yunani – Vassilopiita

Vassilopiita

Di Yunani sendiri perayaan tahun baru bertepatan dengan Festival St. Basil, salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks.

Untuk merayakan hari ini orang Yunani biasa menyajikan hidangan khusus bernama Vassilopiita atau kue St. Basil. Namun ada hal yang menarik di sini, saat membuat adonan kue diselipkan ke dalam adonan sekeping koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

10. Korea – Tteok-guk

tteokguk

Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-guk. Tteok-guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis.

Tteok-guk juga dimakan untuk ulang tahun. Setelah Tteok-guk disantap sampai habis barulah seseorang dianggap resmi bertambah usia.

Itulah beberapa makanan tradisional khas tahun baru yang disantap di berbagai negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.