Sering Mual-Mual Sehabis Beraktivitas? Waspadai Gejala Awal Sakit Jantung

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





ilustrasi mual (merdeka.com)
ilustrasi mual (merdeka.com)

Jelasberita.com| Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang dapat membunuh penderitanya tanpa diduga-duga. Bahkan, para penderitanya sendiri tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami penyakit jantung. Memang, untuk mendeteksi secara pasti gejala awal dari penyakit jantung dirasa cukup sulit. Namun seperti di lansir dari laman boldsky.com, ada beberapa hal yang dapat diketahui untuk merasakan gejala awal penyakit jantung agar anda dapat mengantisipasi secara dini.

 




Secara keseluruhan pola hidup sehat, olahraga dan makan makanan yang teratur merupakan kunci dari mencegah gejala awal serangan jantung. Untuk itu bila anda mulai merasakan beberapa gejala-gejala berikut, disarankan untuk anda agar segera merubah pola hidup anda ke arah yang lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk merubah pola hidup anda dan mencegah terjadinya serangan jantung mendadak ini. Berikut adalah gejala-gejala dari serangan jantung yang dapat anda waspadai:

 

Sakit Kepala / Pusing
Kebanyakan orang kerap kali menyepelekan tentang sakit kepala atau pusing ini, mereka menganggap bahwa sakit kepala tersebut hanya berlangsung selama beberapa saat saja dan akan hilang dengan sendirinya. Memang banyak hal yang dapat melatar belakangi terjadinya sakit kepala atau pusing ini, namun tak ada salahnya untuk anda mewaspadai sakit kepala sebagai gejala awal dari penyakit jantung. Ciri-ciri bahwa anda terkena resiko awal sakit jantung biasanya sakit kepala dibarengi dengan rasa nyeri di dada.

 




Nyeri Dada
Yang kedua adalah seringnya terjadi rasa nyeri dibagian dada. Sama hal nya seperti sakit kepala, kebanyakan hal ini sering disepelekan orang-orang. Rasa nyeri yang terjadi di bagian dada kerap dianggap sebagai bagian dari masuk angin. Sehingga orang hanya beralih untuk meminum obat masuk angin. Namun, apabila rasa nyeri sering datang secara terus menerus, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke dokter.

 

Sesak Nafas
Bila anda sudah sampai mengalami gejala yang ketiga, yakni sesak nafas, itu pertanda bahwa telah terjadi penghambatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat serta menggangu sirkulasi darah yang dipompa jantung dan mengakibatkan jantung tidak berfungsi dengan baik. Bila anda sering mengalami sesak nafas ditambah dengan dua gejala sebelumnya, itu berarti sudah saatnya anda memeriksakan hal ini kepada dokter.

 

Mual
Anda sering merasakan mual dan tidak nafsu makan?, maka ini berarti anda menderita gejala awal selanjutnya dari penyakit jantung. Mual yang terjadi kerap terjadi dengan ditambah sakit kepala serta perasaan cemas.

 

Pembengkakan Pada Anggota Tubuh
Para penderita penyakit jantung sebagian besar mengalami pembengkakan di bagian tubuhnya, dan kebanyakan mengalami pembengkakan di bagian kaki. Hal ini disebabkan adanya cairan menumpuk yang terdapat di bagian tubuh yang membengkak tersebut.

 

Selain dari beberapa gejala awal diatas, gejala lain dari penyakit jantung yang patut anda waspadai adalah selalu merasa cemas yang tidak tentu, sering kali merasakan keringat dingin, khususnya di malam hari, hingga pandangan mata yang mulai kabur. Jadi, jika anda ingin mengantisipasi penyakit jantung sedari dini, kenali gejala-gejala tersebut dan mulailah melakukan gaya hidup yang sehat dan teratur.

 

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.