Begini Caranya Liburan Hemat di Akhir Tahun

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




liburan




Liburan hemat akhir tahun

Hanya beberapa hari lagi, masyarakat dunia akan menyongsong hari baru di tahun 2016. Karena jaraknya yang dekat sekali dengan libur natal maka hampir seluruh instansi meliburkan karyawannya dengan hari libur yang panjang hingga lewat tahun baru. Karena itulah banyak masyarakat yang merencanakan untuk melakukan liburan untuk sekedar melepas penat bekerja.

Sebenarnya, liburan hemat di High Season tidak akan menguras kantong jika kita tahu triknya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati liburan hemat agar bisa dinikmati walau dalam kondisi kantong yang tipis.

1. Liburan hemat = negosiasi

Negosiasi adalah nyawa dari dunia perjalanan. Siapa cepat, dia dapat. Ternyata tidak hanya memerlukan kecepatan tapi juga kemampuan untuk melakukan tawar menawar atau negosiasi.

Seorang pelancong membutuhkan kemampuan ini dalam posisi sebagai pemesan ‘last minute‘. Hotel tempat menginap atau kursi penerbangan yang tidak jadi digunakan adalah hal yang tidak dapat dijual kembali di hari berikutnya.




Inilah peluang bagi pelancong last minute. Jadi dengan teknik negosiasi dapatkan peluang ini, terutama ketika berhadapan dengan operator tur, agen perjalanan dan hotel.

2. Manfaatkan perbandingan harga di situs

Pelaku bisnis perjalanan kini sudah semakin akrab dengan canggihnya teknologi. Rental mobil hingga harga kamar di sebuah hotel dapat dengan mudah dilihat melalui jaringan internet.

Jangan gegabah saat mengambil keputusan ketika hendak menyewa mobil atau booking hotel sebelum membandingkan harganya terlebih dahulu dengan penyedia layanan mobil atau kamar hotel lainnya.

3. Pastikan barang bawaan sesuai kuota bagasi

Sebelum pergi atau pulang dari perjalanan liburan, pastikan barang bawaan tetap dalam ukuran yang sesuai dengan jatah bagasi dari maskapai yang anda naiki. Dengan melakukan tips ini, maka anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan membayar bagasi pesawat dan menjadikan perjalanan ini menjadi liburan hemat.

4. Lakukan perjalanan malam hari

Cara ini bisa menghemat biaya sewa hotel atau penginapan karena tidur di malam hari bisa dilakukan di kereta api atau pesawat sehingga liburan hemat dapat dicapai. Lagi pula, tidak ada pemandangan yang bisa dilihat di malam hari. Atau jika mau, banyak bandara dan stasiun kereta yang menyediakan tempat beristirahat bagi pelancong dan kondisinya nyaman.

5. Bawa makanan sendiri

Dari pada membeli bekal makanan saat di jalan, lebih baik jika membawa makanan sendiri, seperti mi instan yang praktis tinggal diseduh dengan air panas, atau berbagai macam roti. Cara ini ampuh menghemat biaya untuk makan dalam perjalanan saat ingin liburan hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.