Memilukan, Bencana Sambangi Amerika Serikat Saat Natal

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




tornado-as

Terpaan tornado dan badai besar menerjang wilayah bagian tenggara Amerika Serikat (AS), pada malam Natal. Dilaporkan ada 14 orang korban meninggal dan tornado telah menyapu bersih puluhan rumah serta bangunan yang dilewatinya.




Dilansir AFP, Sabtu (26/12), badai yang terjadi beberapa malam di musim hangat ini akhirnya mencapai puncaknya pada malam natal. Wilayah pedesaan dari Alabama hingga Illinois menjadi tempat badai menerjang dan merusak banyak rumah.

Lebih dari selusin kasus bencana terjangan tornado dilaporkan terjadi di enam negara bagian Amerika Serikat, dan wilayah yang paling parah mengalami kerusakan adalah wilayah selatan negara bagian Mississippi. Dilaporkan ada tujuh orang dikonfirmasi tewas di sana dan 60 orang lainnya luka-luka, dan ada satu orang hilang, menurut pernyataan dari badan keadaan darurat di negara itu.

“Hari ini kami sedang mengalami beberapa banjir bandang, dan lima wilayah sedang mengalami badai kencang. Sementara itu penaksiran kerusakan terhadap tempat tinggal dan lainnya masih terus berlangsung,” kata Brett Carr, pejabat badan keadaan darurat, di kantor penanganan bencana darurat, kepada AFP.

Keadaan darurat terjadi di tujuh wilayah kota menurut pernyataan dari Gubernur Mississippi, Phil Bryant, sesaat setelah kerusakan yang ditimbulkan badai. Yang memilukan adalah ada kejadian yang menewaskan seorang anak usia tujuh tahun, ia menghempas mobil yang ia tumpangi.




Natal kali ini akan ada banyak rumah yang tidak dialiri listrik karena badai, begitu pernyataan Kenny Holbrook, kepala pemadam kebakaran kota Holly Springs.

Sementara itu menurut departemen kebakaran di Columbia, Tennessee ada enam orang dikonfirmasi telah meninggal, tiga orang diantaranya ditemukan tewas di dalam mobil yang terendam di dalam sungai. Dan ada satu orang dilaporkan tewas di Arkansas.

Gubernur kota Georgia menyatakan cuaca buruk menjadi akibat dari keadaan darurat di negara. Jalanan dikotori oleh banyaknya puing-puing dari bangunan yang hancur.

Wilayah Mississippi, Missouri dan Oklahoma mengalami kondisi terburuk akibat cuaca yang buruk terjadi. Mulai dari banjir bandang di Amerika Serikat tenggara. Sementara wilayah The East Coast sedang dalam keadaan cuaca musimnya yang hangat, dengan suhu tertinggi pada 22 derajat Celcius (72 derajat Fahrenheit) dan menjadikannya Natal Terpanas sejak tahun 1871.

Leave a Reply

Your email address will not be published.