Terjadi Bencana Longsor dan Banjir di Sejumlah Wilayah Sukabumi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




longsor-sukabumi

Sukabumi, Jelasberita.com – Pemerintah Kota Sukabumi akan segera menetapkan status siaga darurat bencana longsor dan banjir di kota Sukabumi. Langkah ini sebagai antisipasi maraknya kasus bencana alam di tengah tingginya curah hujan di wilayah tersebut.




‘’ Hari ini kita akan menggelar rapat koordinasi mengenai kebencanaan di musim hujan,’’ ujar Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan kepada wartawan Rabu (23/12).

Selepas rakor nantinya akan diserahkan draf terkait penetapan status siaga longsor dan banjir kepada Sekda Pemkot Sukabumi Hanafie Zain. Menurut Asep Suhendrawan, Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, rencana penetapan status siaga tersebut didasari oleh hasil evaluasi terhadap kasus bencana longsor yang banyak terjadi di awal musim hujan. Sebanyak 23 kasus bencana terjadi pada bulan ini. Dari puluhan kasus yang terjadi paling banyak adalah kejadian longsor dan rumah ambruk.

Pemetaan juga telah dilakukan oleh BPBD di kawasan yang rawan terjadi longsor. Wilayah longsor seperti di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole yang selalu menjadi langganan longsor di kala musim hujan datang. Warga di wilayah tersebut sudah sudah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan datang. Targetnya, ketika terjadi bencana maka potensi untuk jatuhnya korban jiwa dapat ditekan seminim mungkin.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menerangkan, banyaknya jumlah kasus bencana terutama tanah longsor sejak musim hujan mencapai 22 longsor. Sementara di Kabupaten Sukabumi jumlah kasus tanah longsor jauh lebih banyak hingga mencapai 45 kasus.




Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan mengatakan, pemkot telah melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi peningkatan kasus longsor.

Untuk Kasus longsor yang terjadi di kota misalnya terjadi di Jalan Samsi Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole yang sampai memutuskan jalan penghubung beberapa kampung. BPBD telah melakukan koordinasi bersama instansi terkait untuk segera memperbaiki  fasilitas umum tersebut. Di Kabupaten Sukabumi, sudah ada 45 kasus longsor yang terjadi sejak 9 November hingga pertengahan Desember.

Selain longsor, bencana alam lainnya yang juga menerjang Sukabumi yaitu angin puting beliung. Kerusakan skala ringan, sedang hingga berat diderita sejumlah rumah milik warga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.