Mahasiswa USU Tampil Dalam Ajang Internasional

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Mahasiswa USU Tampil Dalam Ajang Internasional

Medan, Jelasberita.com | Bulan Juli 2014 silam pada Training Sakura Since Program atau lebih tepatnya pertemuan Ilmuan Internasional,  satu-satunya peserta dari Indonesia ini ternyata tercatat sebagai mahasiswa Universitas Sumatra Utara berhasil mengalahkan kandidat-kandidat yang berasal dari Universitas terkemuka lainnya. Adrian Hilman berhasil mengharumkan nama Indonesia terkhususnya dari almamater dirinya sendiri yaitu Universitas Sumatra Utara.




Dengan di akuinya Adrian Hilman sebagai Ilmuan Muda yang menghantarkannya pada Training Sakura Since Program juli 2014 silam di Jepang, sekaligus menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia tidak menjadikannya tinggi hati. Justru ia tertantang untuk menciptakan hal-hal baru lainnya.

Bahan bakar hemat energi yang di kenal merupakan sebagian dari Energi Inovasi Anak Indonesia, atau lebih sering disingkat dengan EVINDO adalah satu dari partisipasinya untuk membesarkan temuan tersebut. Tentu penggagas EVINDO sendiri bukanlah beliau, melainkan beberapa mahasiswa teknik mesin yang kemudian membentuk sebuah tim, maka Adrian Hilman adalah salah satu pemuda yang di tunjuk untuk mengembangkan temuan tersebut.

Selain tampil dalam ajang Nasional dan Internasional, Adrian juga aktif dalam berbagai Organisasi di USU sendiri. Baik dari jurusan maupun dari kampusnya. Salah satunya ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (IMTHP) dan Student Generation Community (SGC) USU.

Pernah menjadi Student Volunteer Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I4) juga semakin membuat Adrian Hilman  ingin membuat EVINDO berkembang, dan mesin berkendara hemat bahan bakar bisa digunakan oleh semua orang Indonesia guna mengehemat bahan bakar kita dan lebih mencintai produk dalam negeri.




Berawal dari lingkungan pertemanan yang menghantarkan beberapa mahasiswa dari Teknik dan Pertanian untuk menciptakan produk bahan bakar hemat energi tersebut, setelah dengan keberhasilan yang menghantarkan mereka pada Inovasi terkini maka merekapun mulai tampil unjuk gigi di kancah nasional dengan mengikuti Techno Preneurship yang di adakan oleh KEMENRISTEK RI dan meraih juara pertama. Dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah, mereka menjadikannya sebagai modal awal untuk mengembangkan Inovasi tersebut dan menghasilkan 1000 produk yang langsung terjual di dalam kota.

Sampai saat ini sudah lebih dari 6000 unit yang sudah beredar di pasaran, terkhususnya untuk sepeda motor yang mereka namai dengan EFE01 dan untuk mobil sendiri adalah power fuel. Biaya yang di keluarkan sendiri berkisar antara 250 ribu rupiah sampai 950 ribu rupiah, hebatnya dengan biaya yang terbilang terjangkau masyarakat sudah dapat menghemat bahan bakar sampai 40%.

Anak bangsa kita masih berinovasi dan peduli. Adrian Hilman Lubis hanya salah satu diantaranya. Kita berharap agar semakin banyak anak bangsa yang berinovasi ke depannya. Dan EVINDO merupakan contohnya. Dimana, para ilmuwan muda Indonesia memiliki wadah untuk menciptakan sesuatu yang berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga semakin banyak anak bangsa yang bisa memberikan sumbangsih bagi EVINDO. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.