Gawat! Indonesia Termasuk Dalam Maskapai Terburuk Dunia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto : beritatrans.com
foto : beritatrans.com

Sepanjang tahun 2015 ini ada 22 maskapai yang dinilai terburuk di dunia, sedihnya 1 maskapai dari Indonesia termasuk di dalamnya.┬áSkytrax Global Airline Ratings merilis merilis daftar maskapai – maskapai yang dinilai terburuk di dunia sepanjang tahun 2015. Skytrax adalah perusahaan konsultan asal Inggris yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan, dan setiap tahun mereka akan memberikan SkyTrax World Airline Awards untuk maskapai terbaik.

Dalam Skytrax World Airline Awards, disebutkan berbagai kelas maskapai – maskapai yang terbaik, misalnya seperti maskapai yang memiliki kelas ekonomi terbaik, Maskapai yang memiliki hiburan terbaik, maskapai yang memiliki awak kabin terbaik.




Pengambilan nilai dari tiap maskapai juga tidak main-main. Sengaja disiapkan tim ahli sendiri, penilaian yang diberikan dari Skytrax juga melalui tahap survei kepada seluruh penumpang pesawat di dunia. Ada penilaian terbaik juga ada penilaian terburuk yang mereka ambil.

Dari situs Skytrax, Rabu (23/12) terdapat 22 maskapai terburuk yang sampai diberi rating hanya 2 bintang hingga ada 1 maskapai diberi rating 1 bintang. Sayangnya, penilaian terburuk ini disebabkan oleh permasalahan yang sama di tiap maskapai.

Mulai dari jadwal penerbangan yang sering berantakan, pesawat yang delay atau tiba-tiba ganti jadwal penerbangan. Hingga soal pelayanan dari awak kabin atau staf maskapai di bandara yang jauh dari kata memuaskan. Belum lagi soal maskapainya sendiri yang dicap tidak bersih, ruang kaki yang tidak bisa dikatakan manusiawi, fasilitasnya yang tidak lengkap dan lain sebagainya.

Air Koryo adalah maskapai asal Korea Utara dan satu-satunya maskapai yang mendapat 1 bintang. Survei yang diambil dari beberapa turis mengatakan bahwa kursi pesawatnya banyak yang sudah rusak dan kualitas makanannya sangat tidak baik utuk dikonsumsi.




Sedangkan datang dari Indonesia, ada Lion Air yang masuk ke dalam daftar maskapai terburuk. Dari laman Airline Reviews dikemukakan bahwa banyak penumpang yang mempermasalahkan bahwa maskapai ini suka sekali mengalami delay, kabin yang tidak nyaman untuk penumpang, pemberian informasi yang tidak jelas, sampai pelayanan bagi disabilitas yang terlalu mahal. Dari nilai 10, Lion Air hanya mendapat nilai 4.

“Kabin terasa sangat panas. Sedangkan kami berada di landasan pacu selama hampir setengah jam dan pendingin ruangan tidak menyala. Ada pengumuman pemberitahuan namun hanya dalam bahasa Indonesia dan saya tidak mengerti sama sekali. Orang-orang banyak yang marah, dan mereka keluar dari pesawat sementara awak kabin hanya bilang ‘maaf’. Tidak ada penjelasan apapun,” papar salah seorang penumpang asal Ceko yang naik Lion Air dari Yogyakarta ke Bali.

Berikut, daftar lengkap maskapai terburuk dunia tahun 2015 versi Skytrax sesuai peringkatnya:

  1. China United Airlines, China (2 bintang, nilai: 8)
  2. Mahan Air, Iran (2 bintang, nilai: 7)
  3. Ukraine International Airlines, Ukraina (2 bintang, nilai: 6)
  4. Air Koryo, Korea Utara (1 bintang, nilai: 6)
  5. SmartWings, Republik Ceko (2 bintang, nilai: 6)
  6. Nepal Airlines, Nepal (2 bintang, nilai: 6)
  7. Bulgaria Air, Bulgaria (2 bintang, nilai: 6)
  8. Biman Bangladesh, Bangladesh (2 bintang, nilai: 6)
  9. Ryanair, Irlandia (2 bintang, nilai: 5)
  10. Rossiya Airlines, Rusia (2 bintang, nilai: 5)
  11. Pegasus Airlines, Turki (2 bintang, nilai: 5)
  12. Onur Air, Turki (2 bintang, nilai: 5)
  13. Iran Air, Iran (2 bintang, nilai: 5)
  14. Yemenia, Yaman (2 bintang, nilai: 4)
  15. Lion Air, Indonesia (2 bintang, nilai: 4)
  16. Cubana Airlines, Cuba (2 bintang, nilai: 4)
  17. Turkmenistan Airlines, Turkmenistan (2 bintang, nilai: 4)
  18. Spirit Airlines, Amerika Serikat (2 bintang, nilai: 3)
  19. Syrianair, Suriah (2 bintang, nilai: 2)
  20. Bahamasair, Bahama (2 bintang, nilai: 2)
  21. Sudan Airways, Sudan (2 bintang, nilai: 1)
  22. Tajik Air, Tajikistan (2 bintang, nilai: 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.