Google Doodle Untuk Rayakan Hari Ibu di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Google Doodle
Google Doodle

Tepat hari ini, 22 Desember, Indonesia merayakan peringatan Hari Ibu Nasional. Mulai tadi pagi, ucapan selamat Hari Ibu bertebaran memenuhi timeline media sosial, bahkan telah menjadi trending topic. Namun peringatan hari ibu tidak hanya dirayakan oleh warga Indonesia saja, Google juga turut merayakan dengan membuat Doodle spesial untuk memperingati jasa seorang ibu.

Jika Anda membuka Google search, maka akan muncul simbol Google yang biasa berwarna biru, merah, kuning, dan hijau kini berubah menjadi berwarna orange. Ketika Anda mengarahkan mouse pada tulisan Google, maka akan muncul animasi seekor angsa memeluk anaknya dalam sayapnya, ibu harimau yang menggendong anaknya yang sedang menangis, ibu kanguru dan 3 ekor anaknya, serta seorang anak yang berlari lalu memeluk ibunya, lalu ibu tersebut menggendongnya.




Ibu memang berperan sangat penting di dalam kehidupan kita. Di Indonesia saja, Hari Ibu telah diresmikan oleh Presiden pertama Indonesia yaitu Bapak Soekarno dengan Dekrit Presiden No.316 tahun 1953.

22 Desember dipilih sekaligus sebagai perayaan ulang tahun pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama sekali, pada tanggal 22 sampai 25 Desember 1928. Acara Kongres tersebut diadakan di sebuah gedung Dalem Jayadipura, yang saat ini telah menjadi kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional, terletak di Jalan Brigjen Katamso, Daerah Istimewa  Yogyakarta.

Peringatan Hari Ibu terasa sangat berbeda dari waktu dahulu. Dulu, Hari Ibu digunakan sebagai momentum untuk merayakan semangat wanita Indonesia serta meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Namun saat ini, diperingati untuk menyatakan rasa cinta kasih kepada sang ibu.




Berbeda dengan Amerika Serikat, Hongkong, Malaysia, Jerman, dan berbagai negara lainnya, peringatan Hari Ibu biasanya dirayakan padahari Minggu di pekan kedua saat bulan Mei. Sementara di negara – negara yang terletak di Eropa dan Timur Tengah, 8 Maret menjadi hari peringatan Hari Ibu.

Google Doodle sendiri selalu membuat doodle tentang sesuatu yang patut dirayakan atau diperingati, tak hanya Hari Ibu, beberapa waktu lalu Google Doodle merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, lalu merayakan Hari raya Idul Fitri, bahkan jika kita berulang tahun, Google Doodle akan mengucapkan selamat ulang tahun bagi kita, khusus untuk kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.