Sering Internetan Di Tempat Ngopi Atau Mall? Hindari Hal berikut

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




foto: dwipuspita.com




foto: dwipuspita.com

Jelasberita.com| Bagi anda yang gemar berselancar didunia maya untuk bekerja, mencari informasi, atau sekedar mengecek sosial media anda tentunya perlu menggunakan konektifitas Internet. Anda pasti tentunya sangat kesal bila tiba tiba koneksi terputus atau pulsa data anda habis secara mendadak. Semua harus diulang dari awal lagi pikir anda. Untuk itu pastinya anda mencoba cara lain, yakni dengan menggunakan koneksi free wi-fi.

 

Untuk sekarang ini, Penggunaan wi-fi gratis Sering kita dijumpai dimana-mana, seperti kafe, mall, kampus, perpustakaan, dan lain lain. Namun taukah anda, bahwa anda harus berhati-hati dalam menggunakan wi-fi ‘gratisan’ ini, karna banyak penjahat cyber yang mengincar data anda, apabila anda menggunakan wi-fi secara gratis tanpa pengamanan password.

 




Untuk itu, salah satu perusahaan anti virus dunia, Kaspersky lab memberikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda saat menggunakan koneksi ‘free wi-fi’:

 

Pilih Lokasi ‘internetan ‘anda

Jangan terlalu percaya pada semua koneksi wi-fi secara gratis. Para hacker kerap kali membuat jaringan seperti ini untuk meretas seluruh data pribadi anda selaku pengguna. Pastikan tempat dimana anda akan menggunakan wi-fi gratis tersebut memang tempat yang sering dikunjungi dan jelas identitasnya

 

Perhatikan setiap password demi keamanan

Penggunaan kata sandi pun nyatanya tidak sepenuhnya dapat dipercaya. Para pelaku kejahatan cyber dapat dengan mudah mengetahui kata sandi tersebut untuk terhubung dengan koneksi wi-fi ditempat anda berada. Dan menggunakan nama yang sama sesuai ID wifi ditempat anda berada, Jadi jangan sampai terkecoh.

 

Jangan pilih ‘terhubung secara otomatis’

Sesudah penggunaan, langsung matikan koneksi anda. Hal ini bertujuan untuk menghindari peretasan secara terus menerus. Jika perangkat anda terhubung secara otomatis dengan jaringan wi-fi, coba matikan. Karna bisa saja suatu saat anda melintas di lingkungan wi-fi gratis, anda secara otomatis terkoneksi tanpa sepengetahuan anda.

 

Hindari mengakses data pribadi ataupun keuangan

Batasi browsing-an anda saat menggunakan wifi gratis. Ini hal yang paling utama, dan menjadi sasaran para hacker. Jangan pernah membuka akun perbankan atau layanan pribadi keuangan anda lainnya bila sedang menggunakan wifi publik gratis.

 

Tambahkan beberapa alat bantu keamanan

Bagi anda pengguna Google Chrome, Firefox, atau Opera. Saran lainnya, cobalah untuk mendownload aplikasi ‘plugin’ lainnya yang dapat membantu anda dalam hal pengamanan data, ketika anda online menggunakan koneksi wi-fi gratis.

 

Pergunakan VPN

Cobalah anda mempertimbangkan menggunakan jaringan VPN, atau Virtual Private Network, yang memungkinkan semua data yang dikirim akan terenkripsi dengan baik

 

Anti Virus sebagai tameng utama

Yang terakhir, selalu download ataupun upgrade Anti Virus di perangkat anda, untuk solusi keamanan, dan mencegah pembajakan pada data-data pribadi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.