Rasa Lapar Yang Harus Kamu Kenali, Jangan Sampai Salah Arti

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto : abc news
foto : abc news

Rasa lapar lumrah dirasakan oleh orang –orang setiap hari. Mungkin anda beberapa kali merasa lapar. Namun rasa lapar itu ternyata berbeda-beda. Agar tidak salah arti dengan rasa lapar yang kamu alami hingga makan berlebih maka kenali rasa lapar terlebih dahulu.

Tipe – tipe lapar ada tiga yaitu lapar emosional, lapar perilaku dan lapar fisik. Jenis lapar secara alami akan terjadi ketika organ tubuh Anda memerlukan asupan makanan, namun jenis lainnya ada yang muncul walaupun perut sudah terasa kenyang.




Lalu rasa lapar itu seperti apa saja rasanya?

1. Lapar emosional

Makanan berlebihan juga sering dikaitkan dengan stres emosional. Emotional hunger atau kelaparan secara emosional terjadi karena keinginan. Sebagai contoh, rasa lapar secara emosional bisa terjadi saat Anda merayakan sesuatu seperti kelulusan dan makan bersama.

Kelaparan emosional juga bisa terjadi ketika kita merasa sedih, kecewa dan bahkan marah. Faktor biologis dapat memicu rasa lapar emosional dan makan dengan berlebihan.

Petimbangan mereka selalu berfluktuasi hormon, terutama wanita. Tetapi hormon tidak sepenuhnya bisa disalahkan. Makan secara emosional juga dapat menjadi cara untuk menghindari atau bahkan lebih merasa nyaman ketika Anda sedang mengalami masalah atau memikirkan suatu hal.




2. Perilaku lapar

Perilaku lapar merupakan tindakan makan di luar kebiasaan atau diluar waktu makan. Sebagai contoh kelaparan perilaku ini adalah keinginan menikmati Starbucks Frappuccino untuk setiap sore di musim panas. Contoh lainnya, saat akan makan di jam setelah makan siang dengan teman kantor dan Anda tidak ingin melewatkan acara berkumpul bersama teman walaupun Anda sudah makan sebelumnya.

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak juga bisa diajarkan untuk mengenali rasa lapar. Salah satunya dengan cara mendorong mereka untuk berhenti makan disaat mereka sudah kenyang dan tidak lapar lagi.

3. Lapar fisik

Kelaparan fisik merupakan respon pikiran tubuh saat perut kosong, gula darah rendah atau penurunan cadangan lemak. Kelaparan fisik membutuhkan kalori tambahan dari makanan untuk terus menjaga keseimbangan tubuh.

Berdetaknya jantung, berpikir, berjalan, berbicara dan juga bernafas, semuanya membutuhkan kalori. Sehingga Anda diharuskan untuk mengisi energi dengan makanan agar fungsi setiap organ tubuh berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.