Masih Bingung Suguhkan Apa Saat Natal? Coba Kue Dari Italia Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Tiap negara biasanya memiliki sajian kue khas untuk dihidangkan saat Natal. Begitu juga dengan Italia yang punya beberapa kue klasik yang biasa mereka sajikan saat Natal tiba. Italia memiliki 5 sajian khas yang sering mereka sajikan saat merayakan hari Natal.

Untuk kamu yang bosan dengan menu yang sama setiap tahun bisa juga coba salah satu menu di bawah ini.




1. Panettone

Panettone

Panettone adalah roti dari Milan yang selalu hadir dalam pesta natal di Italia. Sajian berbahan dasar roti manis ini punya bentuk permukaan seperti kubah, memiliki tekstur yang lembut dan kuat aroma jeruk yang wangi.

Roti terbuat dari tepung, ragi, mentega, manisan jeruk, lemon, kulit lemon yang diparut dan kismis. Proses pembuatannya memakan waktu beberapa hari, seperti sourdough. Seiring waktu di Italia kini ada beragam variasi panettone. Contohnya ada yang menambahkan cokelat, crema di mascarpone dan lain sebagainya.

2. Panforte

Panforte




Panforte memiliki arti secara harafiah berarti ‘kue kuat’ karena memiliki aroma rempah yang kuat. Julukan asli kue ini adalah Panpepato (kue bumbu lada) karena pada abad pertengahan lada yang dimasukkan ke dalam adonan kue sangat banyak jumlahnya.

Kue khas Natal asal Siena ini terbuat dari bermacam kacang, kismis dan rempah. Seluruh bahan dicampur dalam adonan karamel. Lalu dipanggang sampai matang. Penyajian kue kenyal renyah beraroma rempah ini biasa dengan taburan gula bubuk yang banyak.

3. Pandoro

Pandoro

Pandoro adalah roti manis khas Natal yang berasal dari Verona, Italia. Sesuai dengan namanya yang berarti roti emas (pan d’oro), cake ini berwarna kuning terang. Kue tradisional ini mempunyai bentuk 8 sisi bintang dengan taburan icing sugar aroma vanilla. Semntara itu bahan untuk membuat cake antara lain telur, gula, dan mentega. Mirip dengan cake panettone, tapi pandoro lebih sederhana tanpa adanya campuran buah kering ke dalam adonan cake.

4. Torrone

Torrone

Nougat tradisional khas Italia ini juga sering disajikan saat musim dingin juga Natal. Torrone memiliki beragam rasa dan tekstur, tergantung dari mana ia berasal di Italia. Ada yang bertekstur kenyal lembut (morbido) sampai berteksur keras (duro). Rasa yang ditambahkan pada aneka macam seperti sitrus, vanilla dan lain sebagainya.

Torrone yang menjadi favorit adalah Torrone di Mandorle yang merupakan paduan kacang almond, madu dan gula.  Ketiga bahan ini dicampur jadi satu hingga mendapatkan proses karamelisasi.

5. Pangiallo

Pangiallo

Cake Natal dari Roma ini punya warna kuning keemasan (giallo) yang cantik. Cake diisi dengan kacang – kacangan, cacahan kismis, rempah dan manisan buah – buahan. Cake ini sudah ada sejak zaman kekaisaran kuno. Kaum Pagan Roma dahulu membuat pangiallo sepanjang musim dingin sebagai persembahan bagi kembalinya matahari. Tambahan kacang-kacangan baru dilakukan belakangan ini. Dulunya orang Roma memakai buah plum kering dan biji aprikot tanpa kacang. Sebab harga kacang sangat mahal saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.