Berbagi Tips, Merawat Motor Disaat Musim Hujan Datang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto: planetban.com
foto: planetban.com

Medan, Jelasberita.com|Bagi anda pengguna sepeda motor dalam kesehariannya, tentunya anda ingin motor anda selalu dalam kondisi yang prima bukan?, baik untuk tampilan, maupun performa mesin. Namun di bulan-bulan terakhir penghujung Tahun ini, Indonesia dilanda musim hujan, yang sering kali dapat membuat kendaraan anda mengalami berbagai masalah.

 




Ridwan Arifin, selaku mekanik Yamaha Indonesia, mengungkapkan bahwa sebenarnya, tidak ada perbedaan perawatan sepeda motor saat musim panas maupun musim hujan, namun Ridwan menambahkan bahwa untuk motor matik setidaknya perlu diperhatikan area CVT.

 

Ridwan berbagi sedikit tips dan trik untuk menjaga performa motor anda tetap baik. menurutnya ada 3 hal yang harus diperhatikan para pengguna sepeda motor, ketika berkendara disaat musim penghujan, dan berikut ulasannya:

 




1.Bilas motor dengan air Sumur

Bila Sepeda Motor anda terkena air hujan, maka segera lah bersihkan motor anda dengan menggunakan air tanah atau air sumur, khususnya komponen-komponen mesin dan rantai, Menurut Ridwan, Air hujan mengandung asam yang sangat tinggi, yang akan dengan segera menyebakan karat atau cat Sepeda Motor anda Menjadi cepat rusak atau terkelupas.

 

2.Beri Pelumas Pada Rantai.

Hal ini berfungsi untuk tetap menjaga rantai Sepeda Motor anda tidak kering, dan cepat aus. Karna biasanya rantai Motor akan menjadi kering bila terkena air hujan

 

3.Jangan meletakkan Jas Hujan di lampu utama

Ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna sepeda motor, niatnya untuk menjemur jas hujan tersebut. Namun ternyata, hal itu justru akan menyebabkan lensa lampu utama menjadi mengerut dan berubah bentuk.

 

Ridwan juga menambahkan bahwa terdapat pula komponen komponen Motor yang harus diperhatikan sebelum mulai berkendara di musim hujan ini, yakni:

 

1.Sebelum berangkat, coba cek ban sepeda motor anda. Pastikan selalu dalam kondisi yang baik, mengingat kondisi jalanan yang licin akibat hujan yang terus menerus. Anda harus pastikan ketebalan serta tekanan angin dalam kondisi standar, untuk mencegah slip

 

2.periksa juga kondisi rem depan dan belakang, selalu lakukan pembersihan berkala terhadap rem motor anda dari debu, dan cek apakah masih layak pakai atau tidak

 

3.kemudian adalah, pastikan semua bagian kelistrikan Motor anda terlindungi dengan baik, agar Sepeda Motor anda terhindar dari masalah Korslet akibat air hujan.

One Response to "Berbagi Tips, Merawat Motor Disaat Musim Hujan Datang"

  1. dapurtips.com   19 Desember 2015 at 20:29

    ribet banget memang kalo musim ujan bawa kendaraan motor udah basah motor kotor itu juga belum tentu lgsg di cek kebersihan dan perawatan motornya hmmm cape pastinya, untung sudah di share tips dan trik merawat motor saat musim hujan sebenarnya engga ada bedanya dengan hari biasa tapi terimakasih sudah share heheh, oh iya untuk sobat jelasberita.com yang ingin menambah informasi mengenai tips dan trik dunia otomotif bisa berkunjung ke dapurtips.com disana ada banyak informasi tips dan trik dunia otomotif dan lainnya loh oke see there guys !

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.