Tips Ampuh, Hindari Anak Anda Menyimpan Rahasia di HP nya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto: huffingtonpost.com
foto: huffingtonpost.com

Medan, Jelasberita.com| Anak anda tentunya sudah mengenal smartphone bukan? Nah, bagaimana caranya supaya anak anda terhindar dari hal hal negatif dalam penggunaan smartphone?. Cobalah dengan mengadakan perjanjian semacam kontrak dengan anak anda. Bukan kontrak resmi yang harus menghadirkan pengacara loh, tapi tepatnya kesepakatan antara anda dan anak dalam pemakaian Smartphone tersebut. Dan tim jelasberita akan membagikan beberapa tips seputar kesepakatan pemakaian Smartphone bagi anak.

 




Sebelumnya, terdapat Riset yang menyatakan bahwa 6 dari 10 remaja usia belasan memiliki akses terhadap Smartphone. Penelitian yang dilakukan Pew Research Center ini juga mengatakan bahwa 94% anak pengguna Smartphone, Online setiap harinya. Di zaman sekarang ini memang Smartphone sudah menjadi kebutuhan, dengan Smartphone informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat, segala macam informasi bisa di akses dengan mudah melalui Smartphone. Mulai dari hal positif, hingga negatif sekalipun. Bahkan sering kali, Anak anda akan merasa takut atau panik, bila Smartphone mereka anda pegang dan mainkan, seperti sedang menyembunyikan sesuatu.

 

Nah, untuk mencegah Putra Putri anda dari efek negatif Smartphone, ada baiknya anda membuat kesepakatan ‘santai tapi serius’ dengan anak anda.

Coba bicarakan beberapa hal ini kepada anak anda tentang kontrak atau kesepakatan yang akan anda buat , yaitu :




Mengapa?

Pertama, anda harus pastikan kenapa anda memberikan anak anda sebuah Smartphone. apakah itu hadiah karena Putra putri anda berkelakuan baik? Atau memang digunakan untuk kebutuhan komunikasi antara anda dan anak, mengingat sekolahnya yang penuh aktifitas sampai sore. Yang jelas pastikan juga bahwa, anak anda mendapatkan Smartphone pertamanya di umur yang tepat.

 

Siapa?

Hal yang kedua yang harus anda bicarakan dengan anak anda adalah, siapa saja yang berhak atau boleh dimasukkan ke dalam kontak smartphonenya. Atau telepon siapa yang harus diangkat dengan cepat, bahkan saat anak anda sibuk sekalipun.

 

Apa?

Ketiga, coba berikan arahan kepada anak anda dan pastikan, sangsi apa yang akan diterimanya bila dia merusak atau menghilangkan Smartphone yang telah anda berikan. Berikan dia rasa tanggung jawab dalam menjaga barang yang dimilikinya.

 

Kemana?

Selanjutnya anda harus bersepakat dengan anak anda tentang kemana saja dia boleh membawa ponselnya. Coba pastikan dimana anak anda memang membutuhkan Smartphone untuk menunjang informasinya, dan dimana dia seharusnya beristirahat.

 

Kapan?

Ini menjadi salah satu faktor utama masalah orangtua dan anak dalam penggunaan Smartphone, kapankah waktu yang anda perbolehkan untuk Putra Putri anda menggunakan atau bermain dengan Smartphonenya. Coba batasi penggunaanya untuk beberapa jam. Pastikan waktu yang diberikan cukup, dan tidak berlebihan. Dan jangan sampai mengganggu aktifitas penting yang dia lakukan. Apalagi sampai mengganggu hubungan komunikasi keluarga, seperti saat makan malam. Jangan biarkan anak anda memainkan Smartphonenya.

 

Bagaimana?

Dan inilah Faktor Paling utama dan paling penting dari penggunaan Smartphone anak anda. Bagaimana dia seharusnya menggunakan Smartphonenya. Hal hal apa saja yang boleh dilihatnya dan apa yang tidak, apa yang buruk dan apa yang baik. Anda dan anak anda harus saling terbuka. Coba sesekali anda bertukar pikiran dengan anak anda mengenai Smartphone masing masing di waktu yang senggang, hal itu akan menambah rasa keterbukaan anak anda. Sehingga tidak ada lagi kepanikan atau rasa takut, bila Smartphone anak anda, anda pegang.

 

Nah, jika hal tersebut sudah anda jelaskan kepada anak anda, dan sudah saling sepakat, maka hal hal tadi anda tulis dalam secarik kertas atau catatan, dan ditandatangani oleh anda dan anak anda. Kemudian berikan satu salinannya kepada anak anda, biar dia bisa tetap mengingat kontrak tersebut, dan mampu bersikap profesional sejak dini.

 

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.