Setya Novanto Akhirnya Mundur, Ini Isi Surat Pengunduran Dirinya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





setnov
Surat pengunduran diri Setya Novanto dibacakan Ketua MKD

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR akhirnya membacakan keputusan sidang etik dengan teradu Ketua DPR Setya Novanto. Hasil yang di dapat adalah Novanto dinyatakan berhenti sebagai Ketua DPR RI.

Ketua MKD DPR, Surahman Hidayat yang memimpin jalannya sidang di ruang sidang MKD, gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/12) malam membacakan Surat keputusan dari sidang tersebut. Berikut isi keputusan tersebut:




Pertama, sidang Mahkamah Kehormatan Dewan atas pengaduan Saudara Sudirman Said terhadap Saudara Setya Novanto atas dugaan pelanggaran kode etik dinyatakan ditutup dengan menerima surat pengunduran diri Saudara Setya Novanto nomor anggota A-300 Fraksi Golkar sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Kedua, terhitung sejak Rabu 16 Desember 2015 Saudara Setya Novanto dinyatakan berhenti sebagai ketua DPR RI periode 2014-2019.

Ketiga, demikian keputusan rapat Mahkamah Kehormatan Dewan ini dibacakan pada sidang MKD yang sifatnya terbuka untuk umum pada hari Rabu 16 Desember 2015.

Sementara di penghujung sidang kasus Novanto, MKD DPR juga membacakan surat pengunduran diri dari Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019. Surat pengunduran tersebut dibacakan oleh Sufmi Dasco, Wakil Ketua MKD DPR di gedung DPR, Senayan Jakarta.




Berikut isi surat pengunduran diri dari mantan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Perihal: Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Ketua DPR RI

Jakarta 16 Desember 2015

Kepada Yth Pimpinan DPR RI di Jakarta 

Sehubungan dengan perkembangan penanganan dugaan pelanggaran etika yang sedang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan maka untuk menjaga harkat dan martabat serta kehormatan lembaga DPR RI serta demi menciptakan ketenangan masyarakat maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua DPR RI periode keanggotaan 2014-2019.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat dengan tulus. Semoga bermanfaat demi kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Hormat Saya
Drs Setya Novanto Akt.
Nomor Anggota A-300
Tembusan: Pimpinan Mahkamah Kehormatan DPR RI

 

Setya Novanto memutuskan untuk mundur dari jabatan Ketua DPR saat proses pemutusan kasus dugaan pelanggaran etik terhadap dirinya sedang berlangsung oleh MKD. Lalu bagaimana tanggapan Presiden Joko Widodo terhadap pengunduran diri tersebut?

Presiden Jokowi menyatakan bahwa ia menghormati apa yang telah menjadi keputusan Setya Novanto.

Setelah keputusan mundurnya Setya Novanto, Jokowi mengatakan hubungan antara pemerintah dengan pihak legislatif tidak ada masalah. Dia juga mengatakan keputusan mundurnya Setya tak membuat hubungan pemerintah dengan pihak legislatif menjadi buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.