Setelah Piala Sudirman Kini Persib Akan Ikuti Marah Halim Cup

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




foto : indobolanews.com




foto : indobolanews.com

Usai turnamen Piala Jenderal Sudirman nanti akan ada turnamen selanjutnya namun dalam turnamen ini hanya delapan tim elite Indonesia akan berlaga. Turnamen ini adalah Marah Halim Cup yang diadakan di Medan, Marah Halim Cup sendiri hanya diikuti oleh tim lokal.

Delapan tim yang akan berlaga di turnamen Marah Halim Cup adalah Surabaya United, Semen Padang, Persija Jakarta, Arema Cronus, PSMS Medan, Bali United, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Turnamen ini sudah sejak lama direkomendasikan oleh pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk dilaksanakan.

Ketua Yayasan dari Marah Halim Cup, Muchsin Pohan menuturkan bahwa kompetisi itu menelan biaya cukup banyak mencapai Rp 11 miliar dan rencananya digulirkan pada Maret 2016. Dana tersebut sudah termasuk di dalamnya bayaran tim untuk satu pertandingan.

“Ya, pemenangnya akan mendapat Rp 1,5 miliar, runner up Rp 750 juta, juara ketiga Rp 500 juta. Dan juara keempat berhak mendapatkan Rp 250 juta dan itu masih dipertimbangkan,” jelas Muchsin di Kantor Kemenpora, Selasa (15/12).




Namun, dia menyayangkan karena tidak bisa mengundang tim sepak bola dari luar negeri untuk tampil bersama tim lain di Marah Halim Cup seperti tahun -tahun yang lalu. Hal itu disebabkan Indonesia sedang terkena sanksi dari FIFA.

“Kami tidak mengundang tim luar karena masih disanksi. Menggelar acara ini, saya tidak memihak siapa pun, apakah itu Kemenpora atau PSSI. Misi kami murni untuk olahraga,” Ungkap Pohan.

Turnamen ini direncanakan agar digelar pada awal Februari. Namun, karena waktu yang diperlukan terlalu berhimpitan dengan turnamen Piala Jenderal Sudirman, penyelenggaraannya pun mengalami kemunduran waktu menjadi Maret 2016. Turnamen Marah Halim Cup ini bisa dianggap merupakan turnamen klasik. Sebab, sudah sejak tahun 1972, turnamen ini digelar.

Turnamen ini sendiri mengambil nama dari salah satu mantan Gubernur Sumatera Utara, almarhum Mayjen TNI (Purn) Marah Halim. Dahulu, di setiap penyelenggaraannya, ajang ini selalu mengundang tim sepak bola dari luar negeri. Seperti dari Korea Selatan, Myanmar, Jepang, Cina, bahkan dari Jerman dan juga Belanda.

Hanya saja, sejak tahun 1995, ajang ini tak lagi digelar. Dari total 19 penyelenggaraan, PSMS selaku tuan rumah, sudah dua kali menjadi juara.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.