Perayaan Natal Nasional 2015, Mengusung Tema Toleransi Umat Beragama

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




foto: lensantt.com




foto: lensantt.com

Jakarta, Jelasberita.com| Perayaan Natal Nasional pada tahun ini, akan diadakan di Alun-Alun Rumah Jabatan Gubernur di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (28/12). Dan yang bertindak sebagai Ketua Panitia adalah Menteri Perdagangan Thomas T. Lembong.

 

Diperkirakan ada sekitar 10.000 masyarakat turut hadir dari berbagai wilayah di Nusa Tenggara Timur. Perayaan yang rencananya akan dikemas secara khusus ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Thomas ingin perayaan Natal ini sekaligus sebagai pesta rakyat bagi masyarakat setempat, dan menjadi simbol damai dan persatuan dari beragam latar belakang, agama, etnis, dan budaya.

 




Ditambahkan Thomas, bahwa nantinya akan diadakan juga kegiatan bertajuk “Anak Indonesia Peduli”. Kegiatan yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu di kupang ini dilakukan dengan melelang lukisan yang sebagian dari hasil karya anak-anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga ada persembahan karya seni dari anak-anak indonesia.

 

panitia juga akan melaksanakan berbagai aktivitas baksos (bakti sosial) dengan cara memberikan pengobatan massal gratis, sunatan massal, serta pengobatan mata dan gigi, sebagai bentuk dari perwujudan Kasih secara nyata kepada masyarakat NTT. Kegiatan bakti sosial juga akan dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada beberapa panti asuhan umat Kristiani dan pesantren Muslim, Serta turut juga memberikan beasiswa, pengadaan air bersih, dan bantuan alat-alat pendidikan lainnya.

 

“Aksi sosial berbagi kasih kepada masyarakat setempat yang membutuhkan uluran tangan merupakan wujud toleransi dan sukacita bersama masyarakat Indonesia,” tutur Thomas.

 

Pertegas Toleransi

Menurut Thomas, Kupang memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang perlu diketahui masyarakat dunia. Rencananya berbagai potensi yang ada di Kupang ini akan di perkenalkan kepada dunia, dengan turut mengundang beberapa perwakilan Negara sahabat, guna membangun perekonomian daerah.

 

selain itu juga Kota Kupang dipilih sebagai tempat perayaan Natal Nasional 2015, karena disini wujud toleransi dan kerukunan antar umat beragama sangat begitu terasa. Ini juga yang menjadi pesan utama dari perayaan Natal tahun ini.

 

Untuk mempertegas toleransi antar sesama umat manusia ciptaan Tuhan, dengan Tema ‘Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah’. Tema ini sendiri sudah ditetapkan secara bersama oleh PGI, persatuan Gereja- gereja di Indonesia serta KWI, konferensi Wali Gereja Indonesia.

 

Thomas Lembong menambahkan bahwa, makna dari tema ‘hidup bersama sebagai keluarga Allah’ bahwa kita hidup sebagai satu keluarga, dan masing masing individu memiliki peranan dan tanggung jawab untuk menjadikan hidup bersama semakin lebih baik, serta menjaga lingkungan dan keutuhan seluruh ciptaan Tuhan, dan juga selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. “kita harus mengupayakan terwujudunya bumi ini, sebagai ‘rumah kita bersama’. Ungkap Thomas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.