Lagi-Lagi Masalah Rebutan Kampus, Mahasiswa UISU Kembali Bentrok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto: pasca bentrokan mahasiswa UISU. okezone.com
foto: pasca bentrokan mahasiswa UISU (Okezone.com)

Medan, Jelasberita.com | Kamis (17/2), siang tadi terjadi bentrokan antar sesama mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di jalan Sisingamangaraja, Medan. Diawali dengan unjuk rasa didepan gedung FK UISU, yang dilakukan oleh ratusan Mahasiswa UISU kampus Johor, jalan Karya Bakti. Mahasiswa Kampus Johor, tersebut datang bersama sejumlah Satpam. Bentrokan terjadi saat unjuk rasa, dimana beberapa mahasiswa Kampus Johor menyerang dan melakukan aksi saling lempar batu dengan Mahasiswa kampus Fakultas Kedokteran UISU yang tengah berjaga.

 




Aksi anarkis dari mahasiswa UISU kampus Johor terus berlanjut, dengan membongkar sejumlah Spanduk yang terpasang, serta menendangi gerbang. Sehingga, berujung pada aksi lempar batu yang tak dapat dihindari. Merasa terdesak, Mahasiswa FK UISU kampus Sisingamangaraja melakukan perlawan walaupun dengan jumlah yang tidak seimbang.

 

Beberapa mahasiswa kampus yang diserang, sempat terjebak karena tidak adanya jalan keluar lain di didepan kampus tersebut. Tak lama, seorang pria dari Kampus UISU di jalan Sisingamangaraja mencoba untuk menenangkan aksi anarki tersebut, namun justru disambut bogem mentah dan hujan batu dari mahasiswa pendemo.

 




Tak lama berselang, ratusan personel Pihak Kepolisian dari Polsekta Medan Kota dan Polresta Medan, tiba di lokasi kejadian. Pihak kepolisian langsung melakukan tindakan penyisiran dan menenangkan aksi anarki tersebut. Ratusan mahasiswa pendemo dipaksa mundur ke seberang jalan. Sedangkan dari pihak Mahasiswa FK UISU Sisingamangaraja, polisi melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang yang berjaga dikampus tersebut.

 

Seperti yang dikutip dalam laman okezone.com, menurut Kapolresta Medan, Kombes pol Mardiaz Kusin Dwihananto, penyebab bentrokan masih belum bisa dipastikan dan sedang di selidiki oleh pihak Kepolisian. Lebih lanjut Kapolresta Medan menambahkan bahwa hingga sore tadi, pihaknya telah melakukan pengamanan terhadap 50 orang yang berjaga didepan kampus yang diserang, kuat dugaan bahwa mereka adalah Preman dan alumni, bukan mahasiswa kampus tersebut. Tambah Mardiaz

 

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa saat bentrokan terjadi, namun sejumlah orang dilaporkan terluka. Hingga sampai ada yang terpaksa dilarikan ke IGD RS Permata Bunda.

 

Bentrokan ini merupakan buntut panjang dari masalah antara dua kubu. Yakni, Yayasan UISU Al munawarah, dan Yayasan UISU Medan, yang sama sama mengklaim operasional kampus Fakultas Kedokteran, yang memang sudah lama berseteru.

 

“kita tidak akan ikut campur dengan Konflik internal mereka, kami (kepolisian) hanya mengamankan saja. Tapi kami harap ini semua bisa diselesaikan,” Ucap Mardiaz.

Leave a Reply

Your email address will not be published.