Pelamar Kerja Ini Yang Dirahasiakan HRD Saat Interview

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto : www.mycity-web.com
foto : www.mycity-web.com

Anda pelamar pekerjaan?  atau  pernah melamar perkerjaan, pasti pernah berhubungan dengan orang orang yang berada di bagian Human resources and development(HRD) pada perusahaan yang anda lamar. Atau tahap ini sering kita sebut dengan wawancara HRD.

Sebagai yang kita ketahui bersama bahwa tim HRD merupakan orang – orang yang bertanggung jawab khusus terhadap kualitas sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. Untuk terciptanya sebuah komunitas sumber daya manusia yang berkualitas baik dalam perusahaan, menjadi tugas penting bagi tim HRD untuk memilih calon karyawna baru yang tepat yang berkualitas sebelum dipertemukan dengan atasan langsung karyawan tersebut.




Namun tahukan anda ada beberapa hal yang sebenarnya dirahasiakan hrd dalam proses seleksi pegawai. Majalah Reader’s Digest mengungkapkannya seperti yang berhasil di rangkum team kami dalam point-point berikut.

1. Hindari melamar langsung ke HRD

Terkadang banyaknya lamaran yang masuk ke bagian HRD menyebabkan proses rekrutmen ke sebuah perusahaan menjadi sangat lama. Oleh karena itu ada baiknya jika anda dapat memanfaatkan koneksi anda dengan orang dalam perusahaan untuk melamar sebuah pekerjaan di bagian yang anda inginkan.

Bahkan terkadang tidak jarang pihak hrd sendiri sering mengalami kesulitan dalam proses rekrutmen dikarenakan tidak dapat memilih kriteria yang sesuai. Oleh sebab itu usahakannlah menggunakan koneksi anda agar proses melamar kerja bisa lebih cepat, karena sebenarnya diterima dan tidak diterimanya seorang pegawai ditentukan oleh atasan langsung pegawai tersebut.

2. Gunakan nama email yang baku

Saat melakukan lamaran online usahakan untuk memperhatikan username email yang baku. Karena tidak jarang tim HRD melewatkan pelamar yang mendaftar pekerjaan menggunakan email yang tidak baku. Akan lebih baik jika anda menyediakan satu buah email untuk melamar perkerjaan dengan format username yang sesuai dengan nama lengkap anda. Hal ini dapat memberikan kesan lebih profesional untuk anda.




3. Gunakan CV yang singkat, padat dan jelas

CV yang sangat lengkap dan panjagn tidak menjadikan sang pelamar pekerjaan lebih baik.  Karena sebuah CV yang kepanjangan dapat membuang waktu seorang HRD dalam menilai apakah anda sesuai atau tidak dengan pekerjaan yang sendan anda lamar.

Perlu diketahui bahwa seorang HRD tidak memiliki waktu yang cukup untuk resume yang terkadang panjangnya melebihi dua halaman dikarenakan antrian lamaran dari pelamar lainnya yang menumpuk. Mulai saat ini silahkan persingkat CV anda dengan informasi sinkat dan jelas yang diperlukan untuk posisi pekerjaan apa yang anda lamar.

4. Bangun koneksi

Sudah menjadi rahasia umum di Indonesia bahwa koneksi merupakan hal yang sangat membantu dalam proses melamar pekerjaan. Kenayataan ini menunjukkan bahwa HRD akan lebih memprioritaskan calon pegawai yang memiliki koneksi ke dalam perusahaan meskipun memiliki banyak calon lain yanng lebih bagus.

5. Menulis Cover Letter sesuai

Karena lamaran kerja yang masuk ke meja HRD banyak dan padat, pastikan di cover letter dan CV Anda menuliskan pengalaman kerja dan skill sesuai dengan yang dicari di iklan lowongan pekerjaan tersebut. Perhatikan kata kuncinya dan gunakan kata-kata tersebut di lamaran Anda.

Misalnya, perusahaan sedang mencari staf Finance yang berpengalaman di industri perbankan, maka pastikan di dalam cover letter dan CV Anda termuat kata-kata finance, bank, dan perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.