2 Januari 2016 Nanti Manusia Bisa Melayang, Benarkah?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




foto: petapixel.com




foto: petapixel.com

Jelasberita.com| Akhir akhir ini ramai diberitakan di internet bahwa pada tanggal 2 Januari nanti akan ada fenomena alam langka yang membuat anda ‘serasa bisa terbang’ untuk beberapa detik. Fenomena alam yang disebut sebut diakibatkan oleh melemahnya gaya gravitasi bumi ini, ternyata hanyalah isapan jempol belaka.

 

Melalui situs space.com, Joe Rao seorang kolumnis yang sering menulis artikel tentang astronomi, tulisa tulisan dari joe sering ditayangkan di berbagai media. Joe mengatakan kalau fenomena tersebut adalah ‘hoax’, hanya sekedar cerita palsu.

Menurut investigasi Joe, cerita semacam ini pertama kali datang pada tahun 1976, dimana ini hanyalah sebuah lelucon April Mop dari Patrick Moore.




 

Pertama kali Moore bercerita melalui radio bahwa akan terjadi sensasi dimana tubuh akan mengambang akibat dari gravitasi dari planet Pluto. Tubuh akan terasa lebih ringan saat melompat dan akan merasakan sensasi mengambang untuk beberapa detik.

 

Lelucon ini kemudian menjadi legenda dan menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut pada tahun itu. Sekarang, apa yang disampaikan Moore tersebut ditulis ulang dan disebar luaskan di internet.

 

Sekarang, pemberitaan tentang berkurangnya gravitasi di bumi pada tanggal 2 Januari nanti kembali menjadi perbincangan di internet. Seperti dilansir dari berbagai media, dikatakan bahwa fenomena ini akan terjadi pada pukul 08.32 pagi PST (pasific Standard Time).

 

Benda benda di bumi akan mengalami penurunan bobot akibat gravitasi bumi yang berkurang selama 4 menit. Hal ini terjadi akibat kejadian langka dimana adanya interaksi antara Planet Pluto dan Jupiter.

 

Planet pluto berada tepat dibelakang Planet Jupiter dan mengakibatkan gaya gravitasi gabungan yang kuat antara kedua planet tersebut, dan mengakibatkan berkurangnya sementara gaya gravitasi di bumi. Alhasil, manusia di bumi akan terasa lebih ringan.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa jika anda semua ingin membuktikan fenomena ini, dan ingin merasakan sensasi melayang untuk beberapa menit, cobalah untuk melompat, memang anda tidak bisa melayang layaknya memiliki kekuatan super.Tetapi, pada saat anda melompat, anda akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk

 

kembali mendarat ke tanah. Bila dalam kondisi normal atau sehari hari, manusia membutuhkan waktu 0,2 detik untuk melompat hingga mendarat, maka, yang akan terjadi akibat fenomena tersebut anda memerlukan Waktu 2,8 detik untuk kembali mendarat.

 

Jadi? Apakah anda masih mau mencoba membuktikan fenomena ini nantinya? Atau anda bisa jadikan ini bahan lelucon kepada teman teman anda

Leave a Reply

Your email address will not be published.