Ini Faktor Penyebab Belasan Mahasiswa IPB Terjangkit Hepatitis A

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto : fisika.ipb.ac.id
foto : fisika.ipb.ac.id

Bogor, Jelasberita.com – Minggu lalu, Hepatitis A menjangkiti belasan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Tak hanya yang tinggal di asrama namun mahasiswa yang tinggal di Indekost Dramaga juga ikut terjangkiti. Serangan tiba-tiba ini menjadikan IPB mengambil keputusan untuk menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis A.

Sebagai tindakan pencegahan maka IPB menggelar pemeriksaan kesehatan bagi seluruh mahasiswanya di Graha Widya Wisuda, Kampus Dramaga secara massal.




IPB juga melakukan bantahan melalui akun Twitter resmi terhadap tudingan yang mengatakan bahwa kantin tempat para mahasiswa tersebut membeli makanan tidak bersih dan higienis.

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEM) Institut Pertanian Bogor, Prof Muhammad Firdaus menyatakan bahwa isu merebaknya penyakit Hepatitis A di lingkungan kampus IPB merupakan teguran keras terhadap lembaga yang banyak meluluskan ahli pangan, gizi dan lingkungan tersebut.

Ia menuturkan bahwa ada tiga faktor kemungkinan menjangkitnya penyakit Hepatitis A. Pertama, Institut Pertanian Bogor merupakan kampus yang banyak diminati oleh siswa-siswa dari kalangan menengah ke bawah. IPB juga menerima banyak mahasiswa yang mendapat beasiswa Bidik Misi.

Karena hal itulah tidak sedikit mahasiswa yang menjadi hemat saat mengkonsumsi makanan sehari-hari bahkan terkadang mereka makan hanya sekali dalam sehari, hal ini terjadi pada hampir seluruh mahasiswa IPB, terutama mahasiswa tingkat pertama.




Belum lagi kondisi cuaca dingin di Bogor yang membuat tubuh mereka menjadi kedinginan dan diperparah oleh asupan nutrisi yang kurang menjadi faktor mereka terjangkit penyakit Hepatitis A.

Faktor kedua, banyak mahasiswa yang bukan merupakan penerima beasiswa Bidik Misi juga memiliki kondisi sama dengan mereka bahkan lebih memprihatinkan. Mahasiswa-mahasiswa ini memiliki motivasi yang lebih besar untuk menjadi orang hebat walau berasal dari kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Sementara beban aktivitas kuliah yang berat menghiasi hari-hari mereka.

Ketiga, banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk tinggal di tempat yang murah dengan beberapa orang tanpa memperdulikan kondisi pembuangan yang memadai. Maka ketiga faktor tersebut cukup menjadi alasan untuk mungkinnya mereka terjangkit Hepatitis A.

Menanggapi masalah ini pihak Kampus bertindak cepat dengan melakukan pembersihan lingkungan kampus, penyuluhan kantin bersih hingga menggelar pemeriksaan kesehatan bagi mahasiswanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.