Keterlaluan, Tenaga Medis Ini Lakukan Hal Tak Pantas Saat Operasi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Tenaga medis lakukan hal tak pantas.




Tenaga medis lakukan hal tak pantas.

Memiliki sosial media bukanlah sesuatu yang dilarang. Anda bebas mengunggah foto pribadi anda di akun anda tersebut. Namun selayaknya anda paham foto seperti apa yang pantas dikonsumsi oleh publik.

Foto yang diunggah oleh tenaga medis ini sungguh sangat tidak pantas. Pasalnya ia mengambil foto selfie saat operasi bedah sedang berlangsung, tak hanya sendirian namun ia bersama teman-temannya melakukan selfie saat tubuh pasien sedang dalam keadaan dibedah.

Tentu saja foto yang diunggah oleh tenaga medis ke sosial media Path tersebut mengundang banyak komentar negatif dari teman-temannya sesama pengguna sosial. Kritikan hingga kecaman mengalir deras ke dalam komentar foto tersebut.

foto selfie oleh tenaga medis di ruang operasi.




foto selfie oleh tenaga medis di ruang operasi.

Seharusnya tenaga medis dan rekan-rekannya tersebut tidak mengambil foto dalam keadaan sedang melakukan operasi. Kamera akan sendirinya sudah dipasang dalam ruangan tersebut. Seorang tenaga medis selayaknya berkonsentrasi terhadap apa yang dilakukannya dalam keadaan sedang operasi. Nyawa seseorang dalam taruhan saat itu.

Foto tersebut terdiri dari lima orang dengan pria dan wanita yang berdiri sedang melakukan operasi. Hanya seorang saja yang terlihat mengabaikan kegiatan rekan-rekannya dan serius menjalankan operasi. Sedangkan empat orang lainnya memandang ke arah kamera yang dipegang oleh sang pengunggah.

Tidak ada keterangan yang menjelaskan siapa mereka, hanya keterangan tempat yang menunjukkan mereka berada di Bangka Belitung. Tidak diketahui apakah mereka seorang dokter atau hanya perawat yang melakukan operasi.

Namun perbuatan mengambil foto saat operasi berlangsung sungguh tidak pantas dilakukan apalagi ini sebuah selfie.

Tindakan tenaga medis ini mengundang kecaman dari Ketua Majelis Kode Etik Kedokteran, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prijo Sidipratomo.

Perbuatan seperti itu menunjukkan bahwa tidak ada keseriusan dalam menangani pasien dan tidak memiliki etika.

Prijo juga mengatakan bahwa aturan yang dikeluarkan IDI jelas namun dalam waktu mereka belajar etikanya tidak jelas. Menunjukkan bahwa beliau ingin mengatakan bahwa para tenaga medis yang terekam dalam foto tersebut memiliki etika yang buruk karena mengabaikan nyawa pasien yang ada di tangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.