berawal dari jasa fotokopi, inilah kisah sukses orang terkaya Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto: ainuttijar.blogspot.com
foto: ainuttijar.blogspot.com

Jakarta, Jelasberita.com| Pak CT, si Anak Singkong itulah sapaan akrab bagi Orang terkaya Indonesia ke-5 menurut Forbes. Chairul Tanjung ditaksir memiliki kekayaan hingga mencapai US$ 4,8 miliar atau setara Rp. 67,4 triliun.

 




Pria kelahiran Jakarta 53 Tahun silam ini merupakan pemilik dari perusahaan CT Corpora, yang dibawahnya bernaung statsiun televisi Trans TV, Trans7, CNN indonesia dan juga portal berita online Detik.com. Forbes memperkirakan kekayaan si Anak Singkong ini mencapai US$ 4,3 juta.bila dibandingkan dari tahun 2015 silam, kekayaan Chairul Tanjung naik sekitar US$ 500 juta.

 

Chairul Tanjung juga mengembangan karir bisnisnya di bidang retail dengan memiliki PT. Trans Retail Indonesia, yakni yang kita kenal dengan nama Carrefour, serta memiliki bisnis di bidang perbankan. Yaitu PT Bank Mega.

 




Geliat bisnis Chairul Tanjung inilah yang membuatnya mendapat predikat sebagai orang terkaya nomor 5 di Indonesia.Di bidang lain, Chairul Tanjung pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Ketua Ekonomi Nasional di masa pemerintahan presiden SBY.

 

Kekayaan Chairul Tanjung yang segitu banyak, bukan datang begitu saja secara tiba tiba. CT termasuk pengusaha yang memulai karir bisnisnya dari bawah, semenjak semasa kuliah beliau, dimulai dari usaha makelar yang menawarkan jasa fotokopi untuk teman kuliahnya.

 

Chairul Tanjung berbagi cerita dan tips dari pengalamannya tentang bagaimana menjadi wirausahawan atau Enterpreneur yang sukses. Beliau berpendapat bahwa Enterpreneur memiliki dua kondisi , yakni diciptakan dan dilahirkan. Enterpreneur yang dilahirkan bukan dari darah atau gen orang tua, melainkan dari dorongan kewirausahaan

 

Lebih lanjut pengusaha tersebut mengatakan bahwa enterpreneur yang diciptakan, muncul akibat desakan dari keadaan untuk terus membiayai hidup. Pengusaha yang dikenal dengan julukan Si Anak Singkong tersebut mengatakan, para Enterpreneur yang diciptakan, biasanya muncul karena mereka terdesak oleh keadaan untuk membiayai kehidupan.

 

Beliau mengungkapkan bahwa dirinya termasuk kategori dari “Enterpreneur diciptakan”. Karna terdesak oleh keadaan untuk membiayai hidupnya pada masa-masa suram waktu itu, yang mau tidak mau, menuntutnya untuk menjadi pengusaha.

 

CT mengungkapkan, bila Enterpreneur yang diciptakan tidak lahir dari orang tua yang memiliki jiwa Enterpreneur juga. Maka, metode yang bisa digunakan untuk menghasilkan para Enterpreneur muda yang berbakat adalah dengan mengadakan berbagai macam event event berkualitas terkait Kewirausahaan.

 

One Response to "berawal dari jasa fotokopi, inilah kisah sukses orang terkaya Indonesia"

  1. fotokopi warna   15 September 2016 at 17:08

    Sungguh menginspirasi kisah dari pak Chairul Tanjung ini. Saya sudah baca bukunya, dan memang bisa menjadi suplemen bagi kita untuk tetap berusaha meraih cita-cita.

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.