Hei Anak 90an, Masih Ingat Permainan Ini?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





permainan lompat tali
permainan lompat tali

Tahun 90an adalah tahun di mana internet sangat sulit diakses, telepon harus dilakukan di bilik yang biasa disebut warung telepon (wartel) karena tidak semua warga memiliki telepon rumah. Tahun 90an tidak banyak memberikan anak-anak permainan yang menggunakan internet.

Anak-anak yang lahir pada tahun 90an mereka adalah anak-anak yang jiwa sosialnya tinggi. Kenapa? Karena tidak ada permainan yang dilakukan seorang diri. Seluruh permainan membutuhkan interaksi minimal satu orang sehingga anak-anak tahun 90an banyak yang merasa rindu pada masa kecil ketika mereka melihat teman satu meja mereka sibuk menggunakan gadget dan lebih memilih bersua melalui sosial media.




Permainan apa saja ayng membuat rindu masa lalu itu?

Belibet main Yoyo

yoyo
yoyo

Jaman dahulu atau lebih tepatnya 90an kamu akan mengenal yoyo dengan bentuk dari kayu dan dicat warna-warni. Perlu keterampilan khusus saat memainkan permainan ini. Tak jarang untuk kamu yang baru belajar akan selalu mengalami jari keserimpet benat. Bahkan benang jadi belibet di tanganmu karena salah ayun.

Masih Ingat Dakocan?

kuaci atau dakocan
kuaci atau dakocan

Kalau di daerah admin sih namanya kuaci. Permainan yang bisa dimainkan hingga sepuluh orang secara bergiliran ini asalah salah satu olahraga tangan. Eh iya bener! Coba deh inget lagi, kamu harus memanjangkan tangan, mencari anak kuaci mana yang mau kamu hantam dengan kuaci jagoan milikmu. Dan yang paling sering, kuaci andalan yang biasa admin dan kawan-kawan sebut gacok ini bentuknya yang paling umum kalau bukan jempol mengacung atau gak kepala seorang pria. Masih ingat?

Main Gelembung

balon tiup atau gelembung
balon tiup atau gelembung

Gelembung satu ini terkadang harus kamu emut dulu biar merata di permukaan lubang pipa. Setelah itu akan kamu hembus perlahan hingga membesar. Ketika gelembungnya ada yang bocor maka kamu cepat-cepat menutupnya dengan mulut. Ya! Ketangkasan mulut sangat dibutuhkan ketika memainkan permainan ini.




Yang cewe ingat sama Bongkar Pasang?

bongkar pasang
bongkar pasang

Jika masa kecilmu sering memainkan permainan ini maka masa kecilmu sungguh sangat stylish sekali, kenapa? Bayangkan, mainan ini hanya selembar kertas bergambar karakter gadis cantik yang dipotong-potong dan banyak pakaian yang disertakan dalam setiap lembar kertas. Saat memainkannya kamu sering sekali mengganti-ganti baju yang dikenakan oleh sang karakter. How stylish you are!

Pasti pengen mainin lompat tali lagi kan?!

permainan lompat tali
permainan lompat tali

Kamu sering sekali rela membeli karet gelang hingga ratusan buah dan diakitkan satu persatu membentuk tali yang panjang. Jika kamu memainkan permainan ini di masa kecil maka kamu jago olahraga. Kenapa? Ketangkasan saat berlari dan melompat sungguh dibutuhkan di permainan ini.

Kelereng, gunduh, atau ada yang nyebut ini guli…

kelereng
Kelereng, gunduh tau guli ini sering dimainkan oleh anak laki-laki

Ini sih permainan khas cowok. Apapun namanya tetap saja bentuknya bundar dan bening. Permainan ini membutuhkan ketangkasan saat memainkannya karena bentuknya yang bulat maka sangat sulit memegangnya hingga ia mengenai kelereng milik teman.

Lego generasi awal, hahaha

lego generasi awal
lego generasi awal

Oh iya! Tahun 90an belum mengenal lego yang ada saat ini. Lego 90an bentuknya mengerucut dan kecil-kecil sehingga jika ingin membuat sebuah bentuk ayng besar maka diperlukan beratus-ratus lego-legoan ini untuk membangunnya.

Ketapel

ketapel
ketapel

Tidak bisa bermain busur maka ketapel adalah pilihannya. Senjata yang sering sekali menggunakan batu ini menjadi pilihan anak lelaki saat bermain perang-perangan. Namun karena orang tua yang selalu awas terhadap anaknya sering memarahi dan menyuruh agar mengganti batu sebagai peluru menjadi jambu biji yang masih muda. Ya sama aja sakitnya pak, buk! hahaha

Bagaimana? Kamu memiliki mainan tahun 90an yang tidak disebutkan di sini? Share yuk di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.