Ini Manfaat yang Dimiliki Dari Buah dan Sayur Berbagai Warna

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





plant
Buah dan sayuran berbagai warna.

Buah dan Sayuran memiliki berbagai jenis warna-warna yang menarik. Di balik warna-warna yang berbeda tersebut ternyata mengandung manfaat yang berbeda pula. Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat dari buah dan sayuran warna-warni.

1. Warna Oranye dan kuning : untuk penampilan yang baik, jantung sehat, dan anti-dingin

Wortel, melon, mangga dan ubi jalar kaya akan karotenoid. Karotenoid memberi perlindungan kepada tubuh dari serangan radikal bebas, membantu mensintesis melanin agar kulit menjadi kecokelatan secara alami, melawan penyakit jantung, memiliki sifat anti-kanker, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.




2. Warna Hijau : anti serangan jantung, anti-Alzheimer, dan baik untuk mata

Bayam, alpukat, brokoli, zucchini, selada, kacang polong dan kiwi mengandung lutéline dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan mata, melindungi retina dengan cara menghindari degenerasi makula (penurunan luas retina yang menyebabkan penglihatan kabur). Sebuah studi dari INSERM (Institut National de la Santé et de la Recherche Médicale atau Badan Penelitian Kesehatan dan Medis) di Prancis menyatakan bahwa zeaxanthin berperan dalam mencegah, memperlambat, atau mengurangi penurunan kognitif otak dan penuaan otak serta mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Lutéline dan zeaxanthin juga mengurangi risiko serangan jantung sebesar 11persen, menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat.

3. Warna Putih, anti kolesterol, baik untuk sirkulasi darah

Kembang kol, pisang, jamur dan kentang kaya akan anthoxanthins. Nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mencegah atau mengurangi risiko kanker perut, memperkuat pertahanan kekebalan tubuh (karena mengandung beta-glukan). Salah satu umbi-umbian berwarna putih, yaitu bawang mengandung antioksidan yang sangat kuat.

4. Warna Merah, antioksidan, anti kanker

Stroberi, buah delima, radish, tomat, semangka, ceri, paprika, anggur dan kubis merah kaya akan likopen, yaitu zat yang mampu mengurangi risiko kanker, termasuk kanker prostat. Makanan merah umumnya juga kaya akan antioksidan, molekul yang memerangi penuaan.

5. Warna Ungu dan hitam, anti kanker, anti-inflamasi, anti penyakit jantung

Beri hitam, kismis, buah ara, plum dan terong memiliki banyak manfaat. Mereka dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah studi oleh University of Manchester mengemukakan bahwa beri hitam dapat membantu memerangi penyakit multiple sclerosis, Alzheimer dan parkinson serta membuat kita terlihat awet muda.




 

Leave a Reply

Your email address will not be published.