Unik, Kampung Ini Sediakan Kendaraan Khusus Untuk Jemput Pemilih

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





foto : www.beritaempat.com
foto : www.beritaempat.com

Jakarta, jelasberita.com – Depok menjadi salah satu daerah yang turut melangsungkan pilkada serentak di Indonesia. Namun ada yang unik di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) karena mereka menyediakan kendaraan khusus untuk menjemput warga yang akan memilih di TPS milik mereka. Tepatnya di TPS yang berlokasi di RW 03 Jalan Nenas, Kelurahan Depok Jaya.

Kendaraan khusus tersebut tak lain adalah sebuah odong-odong yang dihias sedemikian rupa. Ketua RW setempat menjadikan momen pesta demokrasi menjadi sebuah perayaan yang unik dengan membuat sebuah nama ‘Kampung Pilkada’.




Seharusnya di kelurahan Depok Jaya ada beberapa TPS namun warga sepakat menggabungkan sekitar 5 TPS untuk dijadikan ‘Kampung Pilkada’. Warga beserta petugas TPS menghias tempat pemungutan suara menjadi megah dan selayaknya sebuah miniatur kampung. Karena namanya adalah ‘Kampung Pilkada’ maka hiasan yang diberikan tak jauh dari tema pilkada.

Kelima TPS dihias secantik mungkin dengan tanaman hias dan karangan bunga serta berbagai warna-warni umbul-umbul sehingga pilkada terasa seperti pesta rakyat.

Untuk lebih menyemarakan suasana pemncoblosan maka kegiatan yang dilaksanakan ditambah seperti bazar, taman kreasi anak dan juga panggung demokrasi. Termasuk di dalamnya panitia juga membangun ‘Media Center Kampung Pilkada’ sebagai sarana pusat informasi terkait pilkada yang bisa didatangi warga tanpa dipungut biaya.

Suasana semakin meriah dengan kekompakan panitia yang mengenakan pakaian adat sementara warga dihimbau untuk turut memeriahkan dengan mendatangi TPS menggunakan busana batik.




Semakin unik lagi ketika kendaraan khusus dijalankan ke pemukiman warga guna menjemput para warga yang ingin pergi ke ‘Kampung Pilkada’ untuk mencoblos namun kendaraan ini hanya difungsikan bagi warga yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari kelima TPS tersebut.

Selain kendaraan khusus berupa odong-odong panitia juga menyiapkan sebuah gerobak motor khusus difungsikan untuk mengantar kalangan manula yang memiliki hak mencoblos.

Agar suasana ‘Kampung Pilkada’ semakin meriah, panitia membuat kejutan bagi setiap warga. Ketika panitia membagikan surat undangan mencoblos diselipkan sebuah kupon door prize dengan hadiah-hadiah menarik. Tidak tanggung-tanggung, hadiah-hadiah tersebut juga bernilai bagi warga seperti handphone, oven toaster, kipas angin, setrika dan masih banyak lagi.

Pengundian hadiah ini dilaksanakan ketika waktu pencoblosan telah berakhir yaitu sekitar pukul 15.00 WIB. Disinggung banyaknya biaya yang dikeluarkan Firmansyah selaku panitia menanggapi bahwa jumlah total yang digunakan sebagai dana pelaksanaan sebesar Rp 10 juta dan dana tersebut murni dari sumbangan warga bukan dari sumbangan pasangan calon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.