Mencoblos Sambil Mengingat Perjuangan Para Pahlawan Zaman Dahulu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Foto: Edzan Raharjo




Foto: Edzan Raharjo

Pilkada menjadi ajang pesta demokrasi untuk itu warga Indonesia berhak merayakannya menggunakan berbagai media. seperti yang dilakukan Tempat Pemungutan Suara (TPU) nomor 30 Tegal Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Di TPS ini ada hal yang unik dan membuat siapa saja seakan kembali ke masa lalu di mana Indonesia kala itu dijajah. Mengapa demikian? Sebab panitia yang menjaga TPS Nomor 30 ini membuat penampilan unik di setiap pakaian yang dikenakan oleh penjaga TPS. Setiap panitia menggunakan pakaian ala pejuang zaman dahulu ketika Indonesia di masa baru meraih kemerdekaan.

zaman-dulu3

Foto: Edzan Raharjo

Sedangkan TPS nya sendiri dihiasi ala zaman peperangan dahulu. Terdapat pagar berduri dan berbagai karung yagn diumpamakan sebagai tempat perlindungan ketika melakukan baku tembak.




Dan yang paling menambah kesan zaman dahulu adalah sebuah mobil Jeep yang parkir di halaman TPS. Jeep tersebut nampak sekali merupakan salah satu koleksi warga yang ikut turut dipajangkan dan menjadi ajang foto-foto warga yang telah melakukan pencoblosan.

zaman-dulu4

Foto: Edzan Raharjo

Penjaga TPS yang biasanya dari kalangan Pertahanan Sipil (Hansip) juga turut menggunakan pakaian pejuang sambil menyandang senjata replika. Anak-anak yang turut dibawa orang tua mereka ke TPS terheran-heran dengan senjata yang dipegang Hansip dan nampak sedikit takut, mereka pikir itu nyata.

Ketua KPPS 30 Tegal Krapyak, Sutopo mengatakan bahwa hiasan yang dipasang di TPS ini semata-mata untuk menarik minat para warga untuk berbondong-bondong datang ke TPS dan menggunakan hak pilih mereka.

Foto: Edzan Raharjo

Foto: Edzan Raharjo

Memang sejak pagi TPS 30 Krapyak tampak ramai didatangi warga yang antusias melakukan pencoblosan. Seelain sebagai penarik minat warga, tujuan menghias TPS menyerupai zaman dahulu ini untuk mengingatkan kepada warga bagaimana perjuangan para pejuang dahulu meraih kemerdekaan dan menanamkanĀ rasa nasionalisme di masing-masing hati warga.

Dewi Irmawati, salah satu warga yang menggunakan hak suaranya di TPS 30 Krapyak mengungkapkan rasa senangnya dengan ide yang dituangkan oleh ketua KPPS krapyak menghias TPS tersebut menyerupai zaman perjuangan dahulu. Dan ia sangat menyambut baik ide tersebut. Ia mengatakan bahwa hal ini juga bisa menjadi motivasi bagi generasi muda agar tidak melupakan masa lalu saat kemerdekaan sangat sulit diraih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.