Ini Dia Fakta Unik Mengenai Suporter dan Klub Sepak Bola Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




suporter-persib-bandung

Sebagai pecinta bola pasti mendukung tim dari daerah masing-masing ketika berlaga di sebuah turnamen nasional. Lalu, ada hal-hal menarik yang perlu kita tahu dari pendukung sebuah tim sepakbola itu yang terkadang mampu membuat kita menganga…




  1. Selalu saja ada suporter yang biasa menonton sepak bola di stadion menggunakan helm. Entah kenapa, perhatikalah! Mungkin dia takut kena timpuk kali ya…
  2. Sikap rasisme dan yel-yel saling menghina merupakan bagian dari sikap buruk suporter Indonesia. Dan sedihnya ini adalah kenyataan.
  3. Setidaknya ada 3 klub (Persib, PSM Makasar, PSMS Medan) yang memiliki suporter secara turun temurun, minimal 3 generasi (kakek, ayah, anak).
  4. Jarang sekali (atau bahkan tidak ada) ditemukan yel-yel kelompok suporter yang benar-benar dibuat sendiri. Kebanyakan merupakan gubahan dari lagu lawas, lagu pergerakan atau lagu dangdut.
  5. Hanya ada di Indonesia, satu klub didukung oleh 2 atau lebih kelompok suporter yang berbeda nama dan haluan. Pendukung Persib memang memiliki banyak kelompok, tapi dikemas dalam sebuah wadah, yaitu Bobotoh Persib.
  6. Radio suporter pertama di Asia berasal dari Indonesia, yaitu Bobotoh FM.
  7. Koalisi suporter antara Viking dan Bonek adalah koalisi suporter pertama di dunia, dan hanya ada di Indonesia. Koalisi ini sekarang mulai ditiru di kalangan suporter Malaysia.
  8. Persib Bandung pernah menjadi klub terkaya di Asia Tenggara.
  9. Viking Persib Club, Bonekmania, The Jakmania, dan Aremania, adalah 4 kelompok suporter terfanatik dan terloyal di Indonesia. Bahkan sebenarnya, lebih berani dari Hooligan.
  10. Pertandingan Persib vs Persija dianggap merupakan El-Clasico Indonesia. Padahal sebenarnya, tidak ada alasan sama sekali berdasarkan sejarah. Pertandingan keduanya menjadi panas hanya karena pengaruh suporter yang saling bermusuhan dari sejak awal tahun 2000-an. Faktanya, klub Persebaya lah yang menjadi klub tandingan Persib di setiap kompetisi dari sejak puluhan tahun lalu. Persib vs Persebaya lebih tepat menggunakan istilah El-Clasico.
  11. Setidaknya hanya 2 klub Indonesia yang setiap kali bermain, selalu menjadi Trendic Topic di twitter, yaitu Persib dan Persija (Biasanya Trending Topic Persija dibantu oleh akun-akun nasional, iklan, dan akun Bobotoh). Bahkan, hastag ‪#‎PersibDay selalu menjadi Trending Topic walau Persib bermain tanpa disiarkan di televisi.
  12. Persib adalah satu-satunya klub di Indonesia yang bisa bersaing dengan kepopuleran klub-klub elit Eropa di internet. Terbukti, kata kunci Persib adalah yang paling bnyak dicari di google selama beberapa tahun, mengalahkan popularitas Manchester United. Persib juga merupakan klub dengan Fans Page Facebook terbesar di Indonesia, mencapai 6 juta likers, mengalahkan jumlah FP Inter Milan. Akun twitter @Persib memiliki pengikut terbesar dibandingkan klub-klub yang lain di Indonesia, mencapai 1,2 juta followers.
  13. Disamping populer, Persib juga menjadi klub yang mempelopori klub mandiri, terbebas dari dana pemerintah. Bahkan, Persib adalah klub yang paling diburu oleh sponsor, mengingat jumlah Bobotoh yang begitu besar dapat menjadi pemasukan inti sebuah perusahaan.
  14. Walau fans Persib berasal dari berbagai kalangan, tapi Persib dianggap merupakan timnasnya sebuah suku, yaitu Sunda. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan www.thetoptens.com/best-football-soccer-club/ yang merupakan sebuah web voting. Mereka berpendapat, bahwa Persib adalah klub yang sukses melahirkan pendukung secara turun temurun. Bahkan ketika Persib berada dalam keadaan terpuruk, loyalitas suporternya tak pernah padam. Hanya sekedar informasi, jumlah suku Sunda mencapai 40 juta-an, terpusat di Jawa Barat dengan jumlah penduduk sekitar 45 juta dan Banten berpenduduk 11 juta serta menyebar di berbagai wilayah di Indonesia dan beberapa negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.