5 Tips Belanja Hemat Agar Dompet Selamat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




belanja_hemat

Ada perasaan puas selepas mampu membeli barang yang sudah diidamkan sekian lama. Apalagi kalau berhasil membeli barang yang murah diantara barang setipe lainnya. Happy dan puas banget deh rasanya!




Tapi kegiatan yang satu ini juga kadang jadi sumber kebangkrutan yang tidak bisa dihindari. Jika tidak hati-hati kebiasaan belanja bisa mengakuisisi dana yang sudah disiapkan untuk kebutuhan lain selama ini.

1. Berbelanjalah setelah anda sudah makan dengan kenyang

Diakui atau tidak, cara ini memang cukup masuk akal. Dengan perut kenyang pilihan yang kamu ambil akan jauh lebih rasional. Nggak ada lagi rasa terburu-buru dan perasaan, “Ya udah deh ambil aja.” saat melihat barang incaran. Perut yang kenyang membuatmu berpikir dan memutuskan dengan jauh lebih tenang.

2. Jika kamu orang yang sulit hemat maka pergilah berbelanja bersama orang yang kritis

Mengendalikan hasrat belanja sendiri memang kadang sulit dilakoni. Tidak jarang kita butuh orang lain untuk jadi voice of reason dalam kegiatan belanja.

Saat kamu merasa susah mengendalikan keinginan belanja dan susah berhemat, coba deh ajak teman yang terkenal irit dan vokal untuk jadi partner belanja. Dia ini bisa memberikan saran barang mana yang layak dibeli, barang mana yang sebaiknya dihindari.




Jangan kaget kalau selama proses belanja dia memberikan berbagai sarannya: “Eh, yakin lu mau beli ini? Nggak kemahalan?”

3. Gunakan daftar barang yang harus dibelanjakan

Buatlah sebuah daftar barang apa saja yang harus dibeli. Setelah semua barang kamu tulis, sortir daftar tersebut dengan barang-barang yang memang perlu dan harus kamu beli, hapus yang kamu rasa tidak begitu penting. Setelah itu kamu akan mendapatkan daftar barang yang benar-benar harus kamu beli. Bawa daftar ini ketika berbelanja dan gunakan ia sebagai penahanmu untuk membelanjakan barang lain. Hemat kan?

4. Berbelanjalah di akhir bulan

Kalau kamu susah menahan hasrat comot sana-sini saat belanja, coba deh mengubah pola belanja dari awal bulan ke akhir bulan. Cara ini membuatmu tahu berapa banyak uang yang sebenarnya bisa dibelanjakan bulan itu dan menjadi cara hemat untuk berbelanja selanjutnya.

5. Rajin-rajinlah membandingkan harga

Nggak ada salahnya membandingkan harga lebih dulu sebelum memutuskan membeli suatu barang. Kebiasaan untuk tidak malas membandingkan ini bisa menyelamatkan dompetmu. Dengan begini kamu jadi tahu berapa sebenarnya harga barang itu di pasaran sehingga menjadi cara agar hemat pengeluaran. Dan tentunya puas dong kalau bisa dapat harga yang  jauh lebih murah?

Leave a Reply

Your email address will not be published.