Tak Hanya Dijadikan Makanan, Ini Manfaat Lain Terigu

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




terigu

Tepung terigu adalah bahan paling dasar yang digunakan dalam segala hal, mulai dari makanan hingga produk kecantikan. Tapi, banyak orang (mungkin termasuk kamu) hanya menggunakan tepung terigu untuk keperluan dapur saja, seperti membuat kue dan masakan.




Padahal tepung terigu bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan rumah tangga juga. Apa sajakah itu?

1. Peralatan dari logam yang kusam bisa dicerahkan

Ceret dapur, lampu tembaga, dan kerajinan-kerajian yang terbuat dari logam tembaga biasanya akan terlihat “butek” atau kehilangan kilaunya jika sudah berumur terlalu lama.

Untuk membersihkannya kamu cukup menggunakan tepung terigu. Caranya, campurkan sejumlah tepung dan cuka putih serta garam secukupnya hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada barangmu yang terbuat dari tembaga, biarkan hingga kering dan hilangkan tepung dengan kain yang lembut.

2. Mengubah rambut lepek menjadi seperti habis keramas

Ketika kamu sedang terburu-buru dan rambutmu berminyak, tepung dapat mengatasi masalahmu. Taburkan sedikittepung di akar rambutmu dan sisir hingga tepung menghilang secara merata. Tepung dapat mengurangi kadar minyak berlebih dalam rambutmu sehingga rambutmu tak akan terlihat lepek dan berminyak.




3. Mencerahkan kulit

Ingin kulitmu tampak lebih cerah? Campurkan 2 sendok makan tepung dengan 1 sendok makan yogurt serta sedikit bubuk kunyit. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering selama 25 menit, setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, wajahmu akan menjadi sehat dan bersinar.

4. Menghilangkan jerawat membandel

Siapa yang tidak sebal dengan jerawat yang datang tiba-tiba ke wajah cantik kita? Jika hal ini terjadi maka singkirkan dengan cara ini: campurkan sejumlah tepung, madu, daun teh hijau yang telah diseduh (gunakan selagi masih hangat) dan beberapa tetes air lemon. Tempelkan pada jerawatmu dan tutupi dengan plester jerawat semalam suntuk. Keesokan harinya kamu sudah tak akan menemui lagi jerawat di wajah.

5. Jadi lulur mandi

Hancurkan sejumlah buah anggur dan kemudian campurkan tepung secukupnya hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh atau wajah kurang lebih selama 15 menit. Kemudian mandilah dengan air hangat. Lakukan secara berkala agar kulitmu sehat dan indah. Walau sebenarnya sayang sih anggur lagi mahal.

Baiklah, 5 tips di atas semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.