Ingin Mendaki Gunung? Ini Olahraga yang Harus Digeluti

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





pendaki-gunung
Menjadi pendaki gunung harus menggeluti beberapa olahraga terlebih dahulu untuk memperkuat fisik.

Naik gunung butuh persiapan fisik yang matang. Selain topografinya yang memang menantang, ada juga faktor alam yang tidak bisa kita prediksi dan bisa membuat kita makin kelelahan.

Padahal, kelelahan ketika mendaki dapat berakibat fatal karena oksigen dalam tubuh kita akan berkurang secara drastis.




Nah,untuk menghindari kelelahan di luar batas wajar ini, persiapan jadi hal wajib sebelum mendaki. Salah satu wujud persiapan itu adalah dengan melakukan 6 olahraga ini.

1. Dasarnya adalah jogging dulu

jogging

Berbeda dengan lari cepat (sprint), jogging adalah olahraga lari dengan kecepatan yangkonsisten. Olahraga ini efektif meningkatkan ketahanan tubuh. Hal ini sangat sesuai karena mendaki gunung tentu membutuhkan endurance yang tinggi lantaran kegiatan yang dilakukan membutuhkan perjalanan yang jauh.

Bagi kamu yang tidak terbiasa olahraga,joggingbisa menjadi pilihan yang tepat sebagai persiapan pendakianmu. Sebaiknya, lakukan 2 minggu secara rutin sebelum hari pendakian tiba. Ingat! yang terpenting dari jogging adalah berapa lamanya waktu yang kamu gunakan untuk berlari, bukan jarak yang bisa kamu tempuh dalam interval tertentu.




2. Berenang bisa jadi olahraga persiapan yang menyenangkan

swimming

Berenang dapat menjadi alternatif olahraga yang akan berperan besar dalam aktivitas mendaki yang kamu lakukan. Jenis olahraga yang satu ini menuntut kamu agar berlatih untuk mengatur pernafasan.

Selain ketahanan tubuh, hal penting yang harus kamu lakukan agar liburanmu ke gunung sukses adalah pengaturan nafas yang benar ketika melakukan pendakian.

3. Melatih fisik menggunakan teknikĀ weight lifting

default-image-jelas-berita

Angkat beban bisa menjadi olahraga yang harus kamu lakukan sebelum hari pendakian tiba. Tentu kamu tidak akan membawa barang bawaan yang sedkit ketika mendaki gunung.

Tas keril dengan kapasitas besar menjadi pilihan untuk menampung segala kebutuhan kamu ketika nanti berada di puncak gunung. Logistik makanan, pakaian ganti,sleeping bag,obat-obatan, dan lain sebagainya diletakkan dalam satu tas besar yang bisa jadi beratnya sama dengan berat badanmu sendiri.

4. Next lebih berat, olahraga wall climbing

wall-climbing

Melakukan kegiatanwall climbingini yang mengasah kesabaran dan kemampuan fokusmu. Selain itu, otot-otot tangan dan kakimu pun akan ikut terlatih sehingga kamu tak akan kaget ketika sampai di alam nanti.

Carilah fasilitas di kotamu yang memudahkanmu untuk melakukan olahraga ini. Jika perlu, ajaklah teman yang sudah berpengalaman atau ahli dalam olahraga ini.

Namun, bagi kamu yang tak punya dana untuk membayar fasilitas wall climbing, parkourbisa menjadi pilihan gratis yang juga dapat kamu lakukan untuk melatih kesabaran, kekuatan, sekaligus daya tahan tubuhmu.

5. Lakukan push-up, squat, dan pull-up dengan metode HIIT bagi yang tidak punya waktu

push-up

HIIT (High Intensity-Interval Training) adalah metode latihan kardio (kardiovaskular) yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan intensitas sedang/rendah dalam selang waktu alias interval tertentu.

Mengkombinasikan gerakan-gerakan ringan seperti push-up, squat, pull-up dengan metode HIIT bisa jadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan kegiatanĀ yang telah disebutkan di atas.

Karena mendaki gunung termasuk ke dalam kategori aktivitas yang membutuhkan fisik nan kuat, maka berolahraga rutin sebelum pendakian menjadi keharusan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.