Hijabers! Ini Cara Jaga Rambut Tetap Sehat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Hijabers, rawat mahkotamu walau ia tertutup hijab.
Hijabers, rawat mahkotamu walau ia tertutup hijab.

Buatmu yang berjilbab, merawat rambut juga merupakan kewajiban, lho! Selain menjadi aset, rambut berjilbabmu yang terawat juga pertanda kamu merupakan pribadi yang teratur dan rapi. Simak sembilan cara mudah ini untuk merawat rambut berjilbabmu.

1. Keramas secara teratur

Rambut yang sehat dan berkilau tentunya dimulai dari kebersihan rambut itu sendiri. Keramaslah 2 hari sekali untuk menjaga rambutmu tetap bersih. Tidak disarankan untuk keramas setiap hari karena bahan kimia dari shampo malah akan merusak rambut itu sendiri.




2. Jangan gunakan hijab saat rambut basah

Keringkan dulu rambutmu setelah keramas atau basah, jangan langsung kamu pakaikan jilbab. Tempat lembab dan basah adalah tempat favorit bagi bakteri maupun kuman, khususnya bagi ketombe-ketombe nakal yang akan bersarang di rambutmu.

3. Potong rambut secara teratur

Memotong rambut secara berkala sangat membantu merawat rambut berjilbabmu. Minimal tiga bulan sekali, potonglah bagian bawah rambut yang rapuh atau bercabang, agar kondisi rambut berjilbabmu tetap stabil.

4. Jangan ikat terlalu kencang

Mengikat kencang memang membuat nyaman ketika berhijab. Namun dengan mengikat rambut terlalu kencang malah akan menghambat pertumbuhan alami rambut dan membuat rambut rontok serta mudah patah.

5. Gunakan hijab dengan bahan yang menyerap keringat

Jika keseharianmu memakai jilbab dan berada di luar ruangan maka gunakan jilbab yang menyerap keringat agar kepala tidak panas dan mudah berketombe.




6. Berhijab bukan berarti tidak sisiran

Sebelum atau sesudah berjilbab, sisir juga merupakan penolong setiamu untuk mencegah rambut kusut atau rontok. Usahakan pilih sisir dengan “gigi” jarang agar rambut kusutmu cepat rapi tanpa membuat rambut indahmu “berguguran”.

7. Lakukan perawatan secara berkala

Saat akhir pekan bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu melakukan perawatan terhadap mahkotamu. Tak perlu mahal bisa gunakan bahan alami seperti lidah buaya atau bisa juga ke salon jika kamu menginginkan perawatan ekstra.

8. Istirahatkan rambut dari hijabmu

Sesampainya di rumah, kamu bisa langsung melepas jilbabmu, lepas juga ikatan rambutmu. Ini sangat berguna untuk membiarkan rambut indahmu “bernafas” dengan lega.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin E dan bernutrisi untuk rambut dan kesehatanmu ya. Seperti kacang-kacangan, buah-buahan, ikan tuna, atau salmon serta sayur-sayuran hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.