Ribuan Ikan Mati Di Pantai Ancol, Jangan Dimakan!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Matinya ribuan ikan di Pantai Ancol diperkirakan akibat fenomena alam berupa perubahan cuaca ekstrem.
Matinya ribuan ikan di Pantai Ancol diperkirakan akibat fenomena alam berupa perubahan cuaca ekstrem.

Matinya ribuan ikan di Pantai Ancol diperkirakan akibat fenomena alam berupa perubahan cuaca ekstrem yang menyebabkan gejolak di dalam laut sehingga ikan-ikan kekurangan oksigen.

Lalu, fenomena ini membuat warga sekitar berbondong-bondong mendatangi tempat matinya ribuan ikan tersebut. Tak sedikit yang berinisiatif memegang dan ingin membawa pulang guna dimasak untuk dikonsumsi keluarga.




Karena penyebab kematian ribuan ikan tersebut masih sekedar dugaan dan tidak menutup kemungkinan bahwa ikan-ikan tersebut mati karena kena racun maka ini cara membedakan ikan-ikan itu dengan yang aman dikonsumsi.

“Kalau secara visual tidak terlihat jelas perbedaannya, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih ikan. Sebaiknya memakan ikan yang kondisinya masih segar,” tutur pakar zoologi dan ekologi LIPI Prof Gadis Sri Haryani.

Dia menambahkan, sebaiknya memilih ikan yang masih fresh diantaranya jika ditekan dagingnya masih kenyal. Selain itu mata ikan masih tampak jernih, sisik masih utuh dan bau ikan segar bukan bau busuk. “Biasanya ikan segar itu insangnya masih merah,” kata dia.

Kepala Pusat Penelitian Limnologi itu mengatakan tidak semua ikan yang mati di laut berbahaya untuk dikonsumsi. Jika kematian bukan karena hal-hal yang berupa racun, sah-sah saja untuk memakan daging ikan tersebut.




“Sebenarnya tidak semua ikan yang mati di laut itu tidak boleh dikonsumsi. Tapi kalau (ikan mati) karena limbah yang mengandung bahan yang berbahaya bagi manusia, atau yang disebabkan bakteri yang mengandung toksin itu bisa jadi berbahaya,” tambahnya.

Dia menjelaskan jika ikan mati karena toksin dan dikonsumsi oleh manusia, dengan sendirinya toksin akan masuk ke dalam tubuh manusia. Beberapa penyakit bisa terjadi mulai dari masalah pencernaan hingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

“Gejalanya biasanya itu mulai dari pusing hingga mual-mual. Masalah kesehatan yang mungkin timbul diantaranya gangguan pencernaan hingga masuk ke dalam darah,” terang dia.

Gadis mengimbau sebaiknya masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi. Pastikan ikan tersebut masih segar dan layak untuk dimakan. Jika memang ternyata ikan-ikan yang mati tersebut disebabkan oleh racun maka sebaiknya jangan dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.