Tips Cara Berhemat Demi Anggaran Liburan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Liburan adalah hak setiap orang. Berhematlah agar liburan impian tercapai.
Liburan adalah hak setiap orang. Berhematlah agar liburan impian tercapai.

Siapa saja menginginkan liburan mewah di tempat-tempat yang mereka inginkan. Namun yang menjadi kendala utama adalah dana yang tidak mencukupi. Sebenarnya siapa saja bisa berlibur ke mana saja asal ia benar-benar berniat ke tempat itu maka segala halangan bisa ia tepis.

Seperti anda yang hanya bergaji kecil namun memimpikan untuk berlibur ke tempat yang anda impikan selama ini maka berhemat adalah jalan satu-satunya. Namun cara berhemat seperti apa saja yang bisa diterapkan agar dapat mencapai liburan impianmu?




1. Pilih hemat ya, bukan pelit.

Konsisten dalam berhemat berarti kita menjaga pengeluaran dari hal-hal yang tidak perlu. Utamakan kebutuhan dari pada keinginan. Sementara pelit berarti kita enggan mengeluarkan uang sepeserpun walaupun kita tahu kita membutuhkannya.

2. Tahan diri untuk tetap menjadi anak rumahan

Menjadi anak yang gaul bukan berarti harus berkeliaran dan selalu hang out ke mal. Berhemat bukan berarti jarang keluar dan tidak berkumpul bersama teman-teman. Tetapi kita harus pandai-pandai memilih lokasi untuk berkumpul bersama mereka.

3. Ubah kebiasaan konsumtif menjadi produktif

Kurangi kebiasaanmu berbelanja, jangan tergedo dengan berbagai gambar barang yang dijual di instagram atau sosial media lainnya. Akan lebih menantang lagi jika kamu lah yang menjadi pedagang tersebut. Menjadi reseller misalnya, selain menambah uang saku juga bisa menambah dana traveling.

4. Jangan lagi makan di luar, Masaklah sendiri

Bayangkan, jika kamu sekali makan harus membeli sebungkus nasi dengan harga 10 ribu rupiah, sedangkan sehari ada 3 kali makan maka bisa menghabiskan dana sebesar 30 ribu rupiah. Bagaimana jika tidak lagi membeli nasi bungkus, kamu cukup memasak nasi sendiri dan hanya membeli lauk di luar dengan harga yang jauh lebih murah dibanding sebungkus nasi. Akan lebih hemat lagi jika kamu mampu memasak makananmu sendiri dan membawanya sebagai bekal saat bekerja. Sungguh hemat!




5. Berbelanja dengan membawa uang pas

Lakukan eksperimen dengan cara membawa uang untuk berbelanja hanya secukupnya saja, jangan berlebih dan tinggalkan kartu ATM serta kartu kredit, maka kamu akan terhindar dari berbelanja secara berlebih.

6. Konsisten

Menabung tak perlu dalam jumlah besar, sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit asal rutin melakukannya. Yang jelas kamu harus niat untuk menabung, berapapun jumlah yang kamu mampu.

Tak ada yang tak mungkin untuk mewujudkan liburan mewahmu. Niat adalah amunisi awal untuk memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.