Ini Bahaya Condom Challenge Menurut Para Dokter

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




condom-challege

Beberapa waktu lalu beredar kampanya dengan mengguyur tubuh dengan seember air es yang disebut sebagai Ice Bucket Challenge. Aksi tersebut adalah bentuk mengkampanyekan ALS Ice Bucket Challenge sebagai bentuk dukungan terhadap pengadaan perawatan bagi penderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) atau biasa disebut penyakit Lou Gehrig.




Namun kini aksi tersebut sepertinya tidak lagi dilakukan oleh orang-orang di soosial media. Kini ada aksi yang lebih baru yaitu aksi menjatuhkan kondom berisi air di kepala seseorang sekarang tengah menjadi tren di media sosial. Para dokter mengingatkan risiko bahaya dari aksi yang disebut condom challenge ini.

Condom challenge yang konon dibuat untuk menyadarkan pentingnya seks aman ini dilakukan dengan kondom yang diisi penuh dengan air. Saat menghantam kepala, bahan latex tidak langsung pecah melainkan mulur dan menutupi wajah dan seluruh kepala.

Sejauh ini memang belum dilaporkan adanya kasus kecelakaan dalam aksi viral tersebut. Namun dikutip dari Huffingtonpost, Senin (30/11/2015), Dr Helen Webberley dari Oxford Online Pharmacy mengingatkan risiko tercekik atau tidak bisa bernapas.

“Aksi meletakkan kantong karet yang sangat kuat pada kepala seseorang membuat saya sangat khawatir terkait potensi risiko tercekik,” kata dokter yang mengaku sebenarnya sangat mendukung promosi seks aman ini.




Senada dengan dr Webberley, Dr Nitin Shori dari Pharmacy2U Online juga khawatir dengan aksi yang dinilainya berisiko ini. Ia membandingkannya dengan Ice Bucket Challange untuk kampanye ALS (amyotrophic lateral sclerosis) yang menyenangkan dan menghasilkan donasi.

“Sayangnya tren yang melibatkan kondom ini membawa risiko yang signifikan untuk cedera dan tercekik jika dilakukan dengan tidak benar,” katanya.

Kampanye seks aman dengan cara yang ‘tidak aman’ sebenarnya juga pernah muncul di 2013. Kala itu, para remaja memasukkan kondom melalui hidung, mengisapnya dan mengeluarkannya lagi melalui mulut. Sama seperti sekarang, tersebut juga dilabeli condom challenge.

Untuk itu bagi siapa saja yang ingin melakukan aksi menjatuhkan kondom  berisi air ke kepala sebaiknya lebih berhati-hati. Jika anda ingin melakukannya sebaiknya lakukan bersama teman atau ada orang yang mendampingi sehingga bila terjadi kecelakaan akan dapat segera tertolong. Hindari melakukannya seorang diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.