Ayo Bersihkan Alat Dapur Dengan Bahan Alami Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





pembersih-alami
Jeruk dan Garam bisa pembersih dapur alami.

Peralatan dapur yang kotor sungguh sangat mengganggu untuk digunakan kembali apalagi membersihkannya perlu tenaga ekstra karena tak jarang sangat sulit bagi kotoran untuk hilang.

Nah, tinggalkan bahan-bahan kimia seperti sabun dan lain sebagainya karena selain akan boros bisa juga merusak kulit tangan. Dengan menggunakan jeruk lemon, soda kue hingga garam maka kotoran di peralatan dapur dapat segera menghilang. Dari kulkas hingga oven kotor bisa dibersihkan menggunakan bahan alami ini.




Bagaimana caranya?

Membersihkan kulkas

Repot sekali rasanya jika membersihkan kulkas karena harus mengeluarkan semua barang yang terdapat di dalamnya dan memasukannya kembali ketika sudah bersih. Yang sabar ya! Nah untuk membersihkan kulkas menggunakan bahan alami, siapkan cuka putih dalam botol semprot, lalu semprotkan pada dinding kulkas lalu lap hingga bersih. Beres!

Talenan Kayu

Talenan kayu dapat mengandung banyak kotoran pada bagian permukaannya. Untuk membersihkannya, potong lemon, kemudian taburkan garam di atas talenan dan gosok potongan lemon. Gunakan alat pengikis untuk menghilangkan garam dan lemon. Bilas dengan air dan keringkan.

Lap yang kotor jangan dibuang

Lap tentu digunakan setiap hari dan kotorannya akan menempel setiap hari di kain lap tersebut. Jika sudah kotor jangan langsung dibuang sebab membeli lap baru yang sekali pakai sungguh mahal maka lebih baik dicuci saja. Rendam dalam campuran cuka, air dan beberapa tetes minyak esensial. Kucek hingga kotoran menghilang, bilas dan jemur.




Pembersih alami ganti sabun

Anda dapat membuat pembersih alami bebas bahan kimia dan cukup aman untuk digunakan dalam rumah. Campurkan sedikit bubuk bleng (borax), cuka dan irisan kulit jeruk. Masukkan ke dalam botol spray dan gunakan untuk membersikan permukaan dapur dan tempat cuci.

Oven kotor

Tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk membersihkan oven. Anda dapat membersihkan dengan mudah menggunakan soda kue. Campurkan 1/2 sdm soda kue dengan beberapa sendok makan air. Gunakan sarung tangan dan bersihkan dengan sponge atau sikat celupkan dalam larutan soda dan bersihkan.

microwave

Terkadang makanan yang disimpan dalam microwave bisa hancur dan terjebak ke sudut-sudut microwave. Noda ini sulit untuk dibersihkan. Agar tetap aman dan mudah, Anda dapat merendam spons dalam campuran lemon dan air. Semprotkan ke dalam oven, tunggu 5 menit dan lap hingga bersih.

Teflon

Tak hanya sabun, agar lebih aman Anda juga dapat membersihkan teflon dengan minyak zaitun dan garam. Tuangkan satu sendok makan minyak zaitun ke alat tersebut kemudian tambahkan dengan garam laut dan gosok dengan kain. Kemudian bersihkan garam dengan kain katun tipis.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.