Selalu Mulas Setelah Sarapan, Lihat Penyebabnya

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Setelah sarapan sering merasa mules? mungkin kamu stres dan lemah ginjal.




Setelah sarapan sering merasa mules? mungkin kamu stres dan lemah ginjal.

Anda pernah merasakan perut mulas saat sehabis sarapan? Ya hal ini banyak sekali dikeluhkan sebagian orang. Dan akhirnya mereka memilih untuk tidak sarapan dan makan setelah menjelang siang.

kondisi perut yang selalu mulas sehabis sarapan itu tak lepas dari kebiasaan. Atau, bisa juga karena kemungkinan di pagi hari kadar asam lambung orang yang bersangkutan sedang tinggi. Nah, untuk menurunkan asam lambung, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di pagi hari.

Gerakkan tubuh sebelum sarapan

Ketika bangun pagi sebaiknya gerakan tubuh terlebih dahulu seperti laksanakan sholat bagi yang muslim atau melakukan kegiatan seperti membersihkan rumah dan hal lainnya agar asam lambung yang mengendap di dalam perut semalaman dapat bekerja. Jangan bangun tidur langsung mengasup makanan, hal ini lah yang membuat asam lambung ‘terkejut’ dan diproduksi secara masal oleh perut dan akhirnya perut akan terasa mulas.

Air putih dulu, baru makan

sebelum mengasup makanan sebaiknya berikan pemanasan pada perut dengan meminum segelas air putih agar perut menjadi terbiasa dan air putih memberikan banyak manfaat salah satunya sebagai terapi untuk menurunkan berat badan.




Pilih buah jangan langsung makan berat

Setelah minum air putih selanjutnya bisa mengonsumsi buah segar karena buah segar mengandung basa yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menetralkan asam lambung. Buah yang disarankan di antaranya pepaya dengan rasa yang cukup netral, alias tidak pernah asam dan paling-paling hanya hambar atau tidak terlalu manis.

Satu potong pepaya seperti yang dijual di tukang buah pinggir jalan menurut Prof Hardin sudah cukup. Buah lain yang bisa dijadikan pilihan yakni pisang dan jeruk. Tapi pastikan jeruk yang dipilih tidak asam.

Jadikan sarapan sebagai kebiasaan

Mulasnya perut saat sarapan juga tak lepas dari rutinitas harian seseorang. Ketika tidur terlalu malam ditambah sebelumnya sudah makan, maka ketika bangun pagi perut masih dalam kondisi kenyang. Ketika dipaksakan untuk makan, perut bisa terasa mulas.

“Misalnya publik figur, satpam, atau orang yang lembur tidur larut. Sebelumnya makan banyak, lalu tidur jam 5 pagi bangun jam 10 atau jam 12 kan sudah siang itu. Nah, jam biologisnya dia ubah. Tapi, di sini kita bicarakan 91 persen penduduk Indonesia dengan jam tubuh yang normal,” kata Prof Hardin.

Padahal, seperti diketahui sarapan amat penting karena memiliki manfaat antara lain menjaga tubuh tetap sehat dan kuat, menambah konsentrasi, daya ingat, dan prestasi belajar. Kemudian, mencegah anak jajan sembarangan sembari melatih disiplin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.