Tertipu Belanja Online Jangan Panik! Lakukan Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Tertipu belanja online, jangan panik!
Tertipu belanja online, jangan panik!

Belanja secara online merupakan inovasi baru dalam mempermudah akses seseorang dalam mencari barang, membandingkan harga dan membelinya. Hal yang mempermudah ini juga rentan terhadap kasus penipuan.




Ketika hal ini terjadi pada anda maka jangan panik! Walau pelaku penipuan tentu sulit ditangkap namun setidaknya aksi penipu ini akan terminimalisir di kemudian hari agar tidak semakin banyak korban.

Maka hal-hal inilah yang harus anda lakukan ketika anda menjadi korban penipuan secara online.

Laporkan ke Pihak Berwajib

Dengan semakin berkembangnya internet, polisi memiliki sebuah divisi yang khusus menangani kejahatan cyber. Laporkan kasus yang menimpa Anda ini dengan membawa bukti-bukti yang lengkap, mulai dari print email transaksi, print screenshot SMS atau chatting.

Kemudian mintalah untuk dibuatkan surat BAP atau Berita Acara Pemeriksaan laporan korban penipuan. Jika anda terlanjur telah mentransfer sejumlah uang maka cetak bukti transfer agar menjadi bukti akun sehingga mudah dicari pemilik akun yang telah melakukan penipuan tersebut.




Datangi Rekening Bank Penipu

Anda boleh kena tipu, tapi jangan sampai hal ini menjalar ke korban-korban lainnya. Dengan membawa bukti dari kepolisian, datangi bank yang digunakan oleh para penipu tersebut dalam bertransaksi.

Mintalah kepada Customer Service untuk memberikan bantuan, berupa pemblokiran atau berbagai hal lainnya yang akan mengantisipasi segala tindakan kejahatan lainnya. Jangan lupa, sertakan pula bukti-bukti lain yang mendukung aksi Anda, seperti KK asli, BAP dan SKCK dari Kepolisian, serta bukti-bukti interaksi dengan sang penipu saat hendak belanja dengannya.

Hubungi Customer Service Toko Online Tempat Belanja

Untuk semakin melengkapi aksi Anda dalam membungkam si pelaku, berikanlah laporan kepada Customer Service toko online tempat Anda ditipu. Toko online yang baik akan langsung meninjau dan memberikan tindakan pada setiap laporan konsumen.

Uang Anda mungkin tidak akan pernah kembali, tetapi jadilah pahlawan untuk orang lain dengan melakukan aksi nyata, memblokir para penipu tersebut agar tidak meluaskan aksinya di dunia maya. Dengan langkah-langkah di atas, tidak perlu panik lagi menghadapi penipu, dan semoga pihak Kepolisian mampu mengusut dan menangkap para penjahat cyber tersebut, serta memberikan ganjaran yang sesuai dengan aksi mereka.

Untuk selanjutnya bukan berarti anda harus jera dalam melakukan belanja online namun lebih berhati-hatilah dalam memilih website penjualanan, lihat review penjual apakah pernah melakukan penipuan atau tidak.

Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.