Ini Atlet Muslim yang Mendunia Karena Prestasi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Taufik Hidayat atlet bulu tangkis dari Indonesia.
Taufik Hidayat atlet bulu tangkis dari Indonesia.

Seorang atlet akan dipandang karena prestasi yang dia raih, prestasi yang membanggakan bisa membawa nama seorang atlet dikenal dunia dan dielu-elukan. Namun umumnya atlet-atlet tersebut adalah non-muslim, beberapa atlet ini datang sebagai atlet muslim dan tak kalah sukses dengan emngikuti berbagai pertandingan di kancah internasional.




Muhammad Ali

muhammad-ali

Siapa yang tak kenal dengan atlet satu ini, seluruh dunia mengenal dirinya. Ia adalah mantan petinju kelas berat dengan nama lahir Cassius Marcellus Clay. Prestasinya yang sangat gemilang membuat ia dihormati berbagai pihak bahkan hingga saat ini.

Atlet Islam ini merupakan salah satu tokoh olahraga yang paling diakui selama 100 tahun terakhir dan dinobatkan sebagai Sportsman od the Century dan Sports Personality of the Century oleh BBC.

Laila Ali

laila-ali




Dilihat dari namanya anda pasti menebak bahwa dia memiliki hubungan dengan Muhammad Ali. Ya, wanita ini adalah anak dari legenda petinju tersebut. Dia mengikuti jejak ayahnya dan mulai olahraga tinju sejak usia 18 tahun setelah melihat Christy Martin, seorang petinju waktu itu.

Ayahnya tidak menyetujui wanita ini untuk mengikuti jejaknya namun pada 8 Oktober 1999 laila Ali mengikuti pertandingan pertamanya atas izin sang ayah. Sebelum ia pendiun ia telah menyabet 3 gelar juara dunia dan mencatatkan rekor tak terkalahkan dengan skor 24-0.

Kiran Khan

kiran-khan

Kali ini datang dari cabang renang, Kirana Khan membawa nama Pakistan di kancah internasional dan mencatatkan prestasi dengan 7 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Zinedine Zidane

zinedine-zidane

Pesepak bola Prancis ini kini melatih di real Madrid Castilla namun saat ia menjadi pesepak bola aktif ia memperkuat tim dari Prancis untuk menjadi juara dunia pada 1998 dan juara Eropa pada 2000. Dia juga pernah dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik di Eropa karena kontrol bola dan teknik yang luar biasa. Dan ia menjadi pemain terbaik dunia pada 1998, 2000, dan 2003.

Ruqaya Al Ghasra

ruqaya-al-ghasara

Dari cabang lari ada Ruqaya Al Ghasra dari Bahrain. Dengan jilbab menawannya ia menyabet medali emas dan perunggu di Asian Games 2006, Olimpiade Beijing 2008 dan kejuaraan dunia tahun 2009. Dia merupakan atlet wanita pertama yang mengenakan jilbab dan dilakukan pada kejuaraan 2004. Namun ia telah pensiun sesaat usai kejuaraan dunia 2009.

Taufik Hidayat

taufik-hidayat

Pria yang berumur 34 tahun ini pernah meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade di Athena tahun 2004 yang mengalahkan atlet asal Korea. Pada tahun 2005, Taufik Hidayat bahkan menjadi juara dunia karena mengalahkan pemain tingkat pertama dunia, yaitu Lin Dan di babak final. Dia juga mendapat gelar juara tunggal putra Asian Games tahun 2002 di Busan dan 2006 di Doha.

Walaupun sekarang sudah pensiun, Taufik pernah mencatat rekor pukulan smash tercepat mencapai 305 kilometer per jam pada semifinal kejuaraan dunia 2006 di Madrid. Suami Ami Gumelar ini juga terkenal karena pukulan backhand smash tercepat mencapai 206 kilometer per jam.

Woroud Sawalha

woroudsawalha

Wanita berjilbab ini adalah atlet lari dari Palestina. Dia berkompetisi pada kategori pelari 800 meter dan masuk dalam 8 besar. Woroud Sawalha ini juga menjadi pembawa bendera pada upacara penutupan acara tersebut. Kurangnya fasilitas di Palestina, membuatnya berlatih di berbagai negara tetangga, seperti Watar, Mesir, dan Yordania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.