Facebook Kebanjiran Postingan Ucapan Peringatan Hari Guru

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




 

Postingan ucapan hari guru




Hari ini tepat tanggal 25 November 2015, merupakan hari peringatan untuk pendidik seluruh Indonesia. Ya, hari ini adalah Hari Guru, tepat hari ini sudah 70 tahun lamanya guru-guru di Indonesia mengabdi pada negeri dan menjadi penerang hati.

Pada hari ini seluruh sekolah di Indonesia mengadakan upacara sebagai lambang rasa hormat terhadap Hari Guru. Tak hanya melakukan upacara namun ucapan peringatan hari guru dilakukan di mana-mana terutama di sosial media. Facebook sebagai sosial media terbesar saat ini juga dibanjiri ucapan peringatan hari guru.

NiLa-Bretepoebirink

Berbagai macam kiriman dari netizen tentang peringatan ini. Banyak yang mem-posting­ jalannya upacara sambil mengucapan selamat hari guru, ada yang berpuisi, ada juga yang sekedar mengucapkan selamat saja.




Semua isi ucapan tersebut hampir sama yaitu ucapan selamat dan doa-doa terbaik mereka lantunkan demi guru-guru di Indonesia.

Tak terasa sudah 70 tahun mengabdi dan jika kita melihat secara singkat seperti apa potret guru Indonesia saat ini maka kita akan menitikkan air mata. Seperti yang kita tahu bahwa alasan utama penciptaan generasi hebat berada ditangan guru, karena guru yang berhadapan lansung dengan para peserta didik di kelas melalui proses belajar mengajar. Ditangan gurulah akan dihasilkan peserta didik yang berkualitas, baik secara akademis, skill, kematangan emosional dan moral spiritual.

Apabila menelaah dunia pendidikan saat ini, nampaknya bangsa ini sering disuguhkan oleh tindakan-tindakan yang bersifat tidak bermoral dari anak-anak didik. Mulai tawuran antaranak-anak didik sampai perilaku seksualitas. Bahkan, belum lama ini Indonesia dihebohkan dengan berita sex pasca melakukan Ujian Nasional (UN).

Kondisi ini tentu merupakan pukulan telak bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang sejatinya menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki kepribadian baik, justru melahirkan generasi penerus yang minim secara moral. Tidak mungkin pendidikan sebuah bangsa menjadi baik, jika generasi penerusnya memiliki moralitas buruk.

Guru sebagai salah satu komponen dalam pendidikan, memberi andil yang besar dalam peningkatan kualitas pendidikan. Indra Jati Sidi mengemukakan, bahwa berdasarkan hasil studi di Negara-negara berkembang, guru memberikan sumbangan dalam prestasi belajar siswa sebesar 36% selanjutnya manajemen 23% waktu belajar 22% dan sarana fisik 19 %.

Dari hasil penelitian ini guru merupakan faktor yang dominan dalam menentukan prestasi belajar murid, dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru sangat penting dan dominan dalam kualitas hasil belajar murid.

Berarti jika guru memenuhi kualifikasi dan kompetensi maka dapat melahirkan siswa berkualitas, maka perbaikan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan bila tidak didukung oleh guru yang kompeten dan berkualitas.

Sementara tuntutan yang tinggi tidak dibarengi dengan imbalan yang setimpal. Banyak guru-guru yang mengabdi dengan jiwa dan raga ini memiliki kehidupan yang kurang layak. Tapi itulah negeri kita, maka ini menjadikan tuntutan bagi kita sebagai generasi bangsa untuk memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.