Ini Manfaat Dari Tahu, Makanan yang Merakyat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




tofu

Tahu adalah jenis makanan super bergizi yang terbuat dari olahan kedelai. Tahu atau tofu merupakan salah satu makanan yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Namun yang paling mempopulerkannya adalah orang-orang Jepang dan Cina.




Dengan datangnya Jepang ke Indonesia, banyak budaya Jepang yang diperkenalkan kepada warga Indonesia termasuk makanan yang kaya protein satu ini. Dan kini tahu sudah menjadi makanan rakyat Indonesia, tak pernah lekang dan selalu diterima oleh semua kalangan.

Tahu juga mengandung mineral seperti tembaga, selenium, magnesium, fosfor, mangan, dan zat besi, serta merupakan sumber yang baik dari asam amino dan mikronutrien. Tahu menjadi salah satu makanan yang paling bergizi untuk dimasukkan dalam daftar diet sehari-hari.

Karena banyak mengandung unsur penting, tahu diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi tahu, seperti dikutip dariĀ Boldsky, Selasa (24/11):

Memerangi obesitas

Tahu rendah akan kadar kolesterol dan lemak, sehingga makanan ini diklaim sebagai makanan super untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas secara efektif. Kandungan pectin yang terdapat dalam tahu diklaim membantu membakar lemak di dalam tubuh.




Mencegah diabetes tipe 2

Karena berbagai manfaat dan rendah akan kalori, tahu menjadi makanan yang sangat baik digunakan untuk mencegah diabetes tipe-2. Mengkonsumsi dua tahu dalam sehari dapat mengurangi risiko diabetes dan bahkan mengatur tingkat insulin.

Manfaat tahu yang mencegah kanker

Kandungan flavonoid dan isoflavonoid yang terdapat pada tahu juga baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Zat genistein yang terdapat pada isoflavonoid memiliki sifat anti-tumor, sehingga dapat mencegah pertumbuhan tumor, terutama prostat dan kanker payudara.

Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi tahu secara teratur dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Hal ini secara efektif dapat mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah dan meningkatkan tingkat LDL (kolesterol baik). Dan sebaiknya kurangi makanan berminyak misalnya tahu goreng, sebaiknya tahu dipepes ataupun dikukus saja.

Meningkatkan imunitas

Tahu merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin, nutrisi dan mineral yang membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas) untuk melawan berbagai penyakit, sehingga memastikan tubuh tetap sehat.

Sekarang bagaimana? Setelah mengetahui manfaat dari tahu, masih ingin membenci tahu? Tahu juga baik lho jika dimasukan dalam menu diet kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.