Emoji Jadi Ekspresi Saat Berkomunikasi Lewat Teknologi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  





Emoji 'wiith teras and joy'
Emoji ‘wiith tears and joy’

Jika kamu sering menggunakan layanan chatting maka kenal dengan emoji, gambar-gambar unik yang mewakili berbagai ekspresi wajah. Dan biasanya kita gunakan sebagai perwakilan untuk mengungkapkan rasa pada lawan chatting sehingga ia mengerti apa yang sedang kita rasakan saat itu. Emoji telah mengubah cara orang berkomunikasi. Penggunaannya sudah menjadi bagian dari keseharian para pengguna layanan chat dan media sosial yang terbentur ruang terbatas.

Pada April 2013 sampai Juli 2015, Twitter melakukan sebuah studi mengenai emoji. Layanan mikroblogging ini menganalisa 10 emoji paling banyak digunakan untuk tweet yang berkaitan dengan acara TV.




Twitter mengungkapkan bahwa ‘emoji with tears and joy’ adalah emoji yang paling banyak digunakan user saat melakukan tweet di Twitter.

Oxford Dictionaries baru saja menobatkan emoji ‘with teras and joy’ menduduki peringkat pertama dan mendapatkan penghargaan sebagai ‘Word of the Year 2015’ karena telah dipakai di 24% tweet. Berturut-turut berikutnya adalah emoji ‘heart eyes‘ 12%, ‘crying face‘ 8% dan ‘prayer hands‘ 6%.

“Sejak karakter emoji diperkenalkan di Twitter pada April 2014, beragam ekspresi wajah ini menjadi cara praktis dan menyenangkan untuk menyampaikan makna tambahan serta emosi di ruang dengam batas 140 karakter,” kata Senior Data Specialist Twitter, Joe Cruse.

“Secara khusus, kami melihat penggunaan emoji secara reguler di tweet mengenai acara TV, di mana para fans bisa berdiskusi mengenai apa yang terjadi, apa yang mereka rasakan mengenai sebuah tayangan, atau menambahkan konteks pada live-tweeting mereka,” sambungnya.




rentang usia yang paling banyak menggunakan emoji adalah sekitar 86% mereka yang berusia 24 tahun ke bawah, dengan sekitar 50% berada di rentang 18-24 tahun. Wanita menjadi pengguna emoji dominan sekitar 57%, sementara pria 43%.

emojipun kini tak sekedar untuk bersenang-senang. Kini inovasi untuk memonitasi emoji ini menjadi berbayar juga dilakukan oleh Twitter misalnya pada event khusus juga banyak Brand di Twitter mulai kreatif menggunakan emoji dalam kampanye iklan mereka.

Misalnya saja, pada September lalu Twitter menciptakan emoji dua botol saling beradu untuk brand minuman soda Coca Cola. Emoji ini akan muncul ketika pengguna memposting tweet dengan hashtag #ShareACoke.

Leave a Reply

Your email address will not be published.