Pilkada Sibolga – Debat Publik Berlangsung Alot

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




Debat Pilkada Sibolga
Sibolga, Jelasberita.com | KPU menggelar debat Publik putaran tiga bagi para calon walikota Sibolga. Bertempat di Aula Yenni Sopo Holong, Sabtu (21/11) malam, acara ini disaksikan langsung ratusan warga kota Sibolga. Debat berlangsung alot.

Membuka debat, Memori dan Syarfi, dua kandidat calon walikota Sibolga mencoba meyakinkan para konstituen dari atas podium debat.  Lewat uraian janji program, mereka memaparkan permasalahan dan solusi-solusi bagi warga kota Sibolga.







Debat Publik Putaran tiga ini mengangkat tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Bidang Perdagangan dan Jasa Menuju Sibolga Nauli yang Sejahtera”. Debat dipandu oleh Sejarawan Sumut Dr.phil Ichwan Azhari M.Si. Direktur Pussis Unimed ini membuka debat dengan paparan Akademis. Ia mengisahkan sejarah Sibolga abad 16 sebagai kota perdagangan internasional. Sibolga dengan pelabuhannya telah menjadi pintu perdagangan Sumatera bagian barat dengan negara-negara Eropa.

Lewat pertanyaan-pertanyaan yang singkat, padat namun fiosofis, Ichwan mengundang para kandidat mengemukakan strategi masing-masing untuk mencapai kejayaan perdagangan kota Sibolga yang diharapkan mampu menyejahterakan masyarakat.

Kedua kandidat memaparkan strategi-strategi yang hampir sama yakni perbaikan infrastruktur, pengoptimalan pasar Nauli dan pasar-pasar tradisional, peningkatan fasilitas pelabuhan, pengoptimalan Bandara FL.Tobing di Tapteng untuk kegiatan distribusi hasil, pemberian bantuan modal kepada para pelaku usaha dan UKM, serta penciptaan iklim investasi yang aman dan nyaman.

Lebih mengerucut, Memori memberikan janji akan membangun Rumah Kreasi sebagai sentra pemasaran produk-produk lokal Sibolga. Sedang Syarfi menjanjikan pembangunan pusat jajanan khas Sibolga.




Sibolga sebagai kota nelayan, komoditas utamanya hasil tangkapan laut. Para kandidat memandang ini sebagai potensi unggulan yang perlu untuk ditingkatkan. Syarfi mengutarakan akan memperbaiki Pasar Belakang sentra penjualan ikan asin di Sibolga, sementara Memori merencanakan manggandeng investor untuk pembangunan pabrik pengalengan ikan serta reklamasi pantai. Ia menambahkan akan membuat MoU kepada para investor agar mengutamakan  penyerapan tenaga kerja lokal.

Untuk sektor potensi pariwisata Sibolga, Syarfi berjanji membuat kota Sibolga sebagai kota transit bagi para wisatawan tujuan Tapteng. Pembangunan infrasruktur, akomodasi dan bisnis kuliner menjadi strategi yang ia paparkan.

Memori melihat potensi wisata Sibolga perlu dikembangkan mulai dari pembangunan mental masyarakat agar siap menjadi kota wisata. Ia menjanjikan pembangunan Rumah Bahasa sebagai wadah bagi masyarakat untuk belajar berbahasa Inggris agar siap menghadapi wisatawan mancanegara.

Debat berlangsung dalam enam segmen. Jalannya debat berlangsung aman dan tidak ada keributan yang berarti. Pihak kepolisian mengerahkan personil demi pengawalan dan pengamanan situasi debat. Dari balik podium kedua kandidat menyerukan kepada para warga dan simpatisan agar berlaku aman dan tidak provokatif.

Ketua KPU Sibolga Nadzran berjanji akan melaksanakan pilkada Sibolga secara berintegritas. Para pemangku kewajiban juga mengimbau agar masyarakat Sibolga menjaga kekondusifan jelang dan pasca Pilkada. Bahkan warga diminta turut berpartisipai melaporkan segala bentuk pelanggaran kepada pihak berwenang. Serta tidak terprovokasi akan hal-hal yang menjurus pada perpecahan di tengah masyarakat. (Anty)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.