Setya Novanto Dituntut Mundur Oleh Poros Muda Golkar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  




setya-novanto




Setya Novanto dituntut mundur oleh Poros Muda Golkar

Berbagai kritikan menghujam Ketua DPR Setya Novanto setelah rekaman perbincangan dirinya, pengusaha minyak, dan bos freeport diungkap ke publik. Jubir Poros Muda Partai Golkar Andi Sinulingga pun menyarankan Novanto untuk mundur seperti eks Ketua DPR Australia Bronwyn Bishop.

“Jika bersalah, etikanya harus mundur. Harusnya Novanto itu meniru moralitas Bronwyn Bishop, mantan Ketua DPR Australia, yang mengundurkan diri hanya karena kritik publik atas sewa helikopter yang jumlah uangnya hanya 5 ribuan dolar Australia saja, setara 50 juta Rupiah,” ujar Andi, Senin (23/11/2015).

Saat itu Bronwyn mendapatkan kritikan keras dari publik Australian karena membebankan biaya sewa helikopter pada negara, sementara kendaraan tersebut digunakan untuk menghadiri acara dari partai Liberal. Padahal biaya tersebut akhirnya diganti oleh mantan ketua DPR Australia tersebut dengan uang pribadinya, jumlahnya sekitar 5 ribu dolar ditambah lagi dengan denda sebesar 25 persen. Namun Bronwyn Bishop akhirnya mengundurkan diri pada Agustus 2015 demi mengikuti kehendak publik Australia yang menginginkannya untuk mundur.

“Dia mengundurkan diri karena kecintaannya pada lembaga DPR yang harus tetap dijaga kehormatannya,” imbuh Andi.




Permintaan agar Novianto untuk mengakui bahwa rekaman suara tersebut memang suara miliknya datang dari Poros Muda Partai Golkar. Selain itu penjelasan tentang ketebelece Pertamina harus diberikan secara gamblang .

“Jika Setya Novanto mengundurkan diri, beliau telah meletakkan sebuah kultur politik yang baik bagi para politisi bangsa ini. Bukankah secara politik beliau sudah kehilangan legitimasi baik di DPR maupun di mata publik?” ungkap Andi.

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) belum memutuskan kapan akan menggelar sidang untuk menindaklanjuti laporan Menteri ESDM Sudirman Said terkait transkrip pembicaraan Ketua DPR Setya Novanto dan pengusaha minyak Riza Chalid menemui Presiden PT Freeport Maroef Sjamsoeddin. Seiring dengan itu, sebanyak 17 ribu netizen mendesak kepada MKD untuk menggelar sidang terbuka mengalir.

Melalui Change.org netizen melayangkan petisi berisi desakan bagi MKD agar sidang dilakukan secara terbuka. Baru sehari dilayangkan, pada Senin (23/11/2015) sebanyak 17.805 menandatangani petisi yang mendorong sidang MKD dilakukan terbuka.

Tak hanya melalui petisi di dunia maya saja, sederet tokoh nasional juga menyuarakan hal tersebut. Termasuk Wakil Ketua MKD Junimart Girsang yang menginginkan sidang dilakukan terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.